Oli Ada Kadaluarsanya?

Ototis.com – Biasanya, bagi anda yang mempunyai mobil matic, akan melakukan pergantian oli setiap kendaraan sudah menempuh jarak 10 ribu km. Tetapi, yang perlu anda ketahui, ada satu kondisi yang mengharuskan oli untuk diganti meskipun jarak yang di tempuh oleh kendaraan tersebut belum mencapai jarak tersebut.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Deni Andrian, selaku Service Manager Bengkel Auto2000 GDC Depok yang mena menyebutkan bahwa pelumas atau oli ternyata memiliki masa expired atau kadaluarsa ketika sudah masuk kedalam mesin. Yups, menurutnya, batas waktu maksimal oli ketika sudah ada di dalam mesin adalah 6 bulan.

Jadi artinya, meskipun kendaraan belum menempuh jarak 10 ribu km, namun jika waktu pergantian oli sebelumnya sudah mencapai enam bulan, maka kendaraan tersebut harus dilakukan pergantian oli kembali.

“Ingat, oli ada usia pakainya. Walaupun sudah lewat enam bulan tapi kilometer masih di 3.000-4.000, kualitas oli tetap pasti turun, dan berimbas ke performa mesin,” kata Deni, Rabu (3/1/2018),

Pria tersebut juga menganjurkan supaya pemilik mobil matic harus secara rutin melakukan servis pada kendaraannya. Pergantian oli juga menjadi salah satu hal yang mestinya diperhatikan. Jadi, menurutnya yang paluing tepat adalah mengambil yang lebih dahulu tercapai, apakah itu jarak 10 ribu km, atau enam bulan itu sendiri.

“Jadi dilihat yang mana duluan. Kalau lebih duluan kilometer ya ikut kilometer. Walaupun baru empat bulan tapi sudah 10.000, oli tetap harus diganti,” ucap Deni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *