Musim Hujan, Awas Mesin Mobil Jadi Sarang Tikus

Ototis.com – Perlu diketahui, bahwa bagian mesin mobil terkadang menjadi favorit bagi binatang pengerat seperti tikus untuk tinggal, terutama di saat memasuki musim penghujan seperti ini. Tentunya, jika bagian kendaraan tersebut menjadi sarang tikus, maka kendaraan tersebut dapat menjadi cepat rusak.

Hal ini dikarenakan tikus bisa saja menggerogoti dan memakan bagian bagian tertentu seperti kabel serta bagian lunak lainnya. Jika ini terjadi pada kendaraan anda, tentunya sangat merugikan bukan?

“Jangankan selang wiper, kabel-kabel saja bisa digigit tikus. Mereka bisa masuk lewat lubang-lubang mesin dan kolong mobil,” kata Workshop Head Daihatsu Pangeran Jayakarta, Jakarta, Dolf Valentino kepada VIVA.

Lalu bagaimana tikus bisa masuk ke bagian tersebut?

Tikus biasanya menyelinap ke bagian bagian sempit seperti kolong mesin. Biasanya binatang tersebut menyelinap hanya sekedar mencari makanan maupun mencari kehangatan karena dinginnya suhu di luar.

“Karena kelaparan, ya digigiti semua yang empuk-empuk,” ujarnya menambahkan.

Karena itu, supaya bagian tersebut tidah dijadikan sarang tikus, maka pemilik kendaraan diharapkan untuk sering melakukan pemeriksaan pada bagian mesin mobil. Selain itu, perhatikan kebersihan dari sekitar tempat mobil tersebut di parkirkan. Memarkir mobil di tempat yang kotor akan mengundang tikus untuk bersarang.

“Pakai analisa saja, tikus kan mainnya pasti dekat sama sampah dan tempat-tempat yang kotor. Maka dari itu, kalau cari parkiran harus menjauhi tempat tersebut,” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *