Mudik Pakai Kendaraan Pribadi? Simak Ini!

Ototis.com – Nampaknya kegiatan mudik memang sudah membudaya di Indonesia saat akan menghadapi Lebaran. Banyak orang yang lebih memilih mudik menggunakan kendaraan pribadi daripada menggunakan kendaraan umum. Hal tersebut sebenarnya sah sah saja jika memang telah dipersiapkan dengan matang. Jadi baik nanti mau naik motor atau mobil pribadi, wajib hukumnya mempdrsiapkan hal hal sebelum mudik.

“Yang pertama tentu pengendara, dan kendaraannya harus dalam kondisi sehat. Untuk si pengendara harus siap fisik dan mental,” ujar Instruktur & Marketing Rifat Drive Labs (RDL), Andry Berlianto, di Jakarta.

Saat memutuskan akan menempuh perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi juga harus membuat perencanaan perjalanan terlebih dahulu.

“Mulai dari pemilihan jenis kendaraan, lama perjalanan, hingga spot-spot istirahat. Menepilah untuk beristirahat saat sudah merasa mengantuk, atau kelelahan,” tuturnya.

Selanjutnya yang sangat penting adalah jangan lupa pakai safety gear secara komplit. Tujuannya ya supaya lebih aman lagi. Safety gear adalah perlengkapan yang menunjang keamanan saat berkendara.

“Kenakan safety gear dengan baik dan maksimal seperti, jaket, celana panjang, sarung tangan, dan sepatu,” katanya.

Menurut pria tersebut, langkah selanjutnya yakni memahami hal hal yang dapat terjadi akibat melakukan mudik dengan mengendarai kendaraan pribadi.

“Lakukan banyak tindakan preventif saat berkendaraan, seperti tidak terburu-buru, melanggar rambu-rambu lalu lintas, hingga mengedepankan etika yang baik serta tidak main ponsel saat berkendara. Dan Last but not least, berdoa,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *