Mudik Naik Motor? Bahaya!

Ototis.com – Sepeda motor hingga saat ini menjadi kendaraan yang paling di minati di Indonesia. Bahkan, di Indonesia sepeda motor menjadi pilihan utama untuk digunakan dalam beberapa hal seperti halnya mudik. Padahal sebenarnya melakukan mudik dengaan menggunakan sepeda motor itu sangat berbahaya loh.

“Sebagaimana saat sekarang, sosialisasi pemerintah itu tidak direkomendasikan mudik pakai motor. Oleh karena itu, perlu kita sepakati bahwa mengendarai motor untuk jarak jauh itu memperbesar peluang kita mengalami kecelakaan,” kata Instruktur dan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, Kamis (15/6/2017).

Berdasarkan fakta, mayoritas kecelakaan yang terjadi saat mudik diakibatkan oleh sepeda motor. Oleh karena itu sangat tidak disarankan untuk melakukan mudik dengan menggunakan sepeda motor. Untuk itu terkadang diadakan program mudik dari berbagai pihak untuk mengurangi penggunaan sepeda motor saat mudik.

“Alasan mengemudi menggunakan sepeda motor banyak. Karena murah, fleksibel, di daerah tempat tujuan tidak ada kendaraan, jadi dia harus bawa motor,” kata Jusri.

Jika memang ingin sepedamotor itu hingga kampung halaman, maka anda dapat mengirimkannya dengan jasa pengiriman.

“Sekarang itu kendaraan bermotor itu bisa dikapalkan atau dipaketkan menggunakan moda transportasi lain. Nah, lakukan kombinasi perjalanan. Misalnya mau ke Nganjuk, ternyata bus atau kereta api gratis yang disediakan sampai Madiun saja, maka kita turun di Madiun, kemudian lanjutkan dengan sepeda motor,” kata Jusri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *