Mudik Dengan Sepeda Motor? Jangan Bawa barang Berlebihan!

Ototis.com – Mudik dengan menggunakan sepeda motor sebenarnya memang dilarang karena dsangat berbahaya. Namun nyatanya masih banyak orang yang memilih untuk mudik dengan mengguinakan sepeda motor.

Akhirnya Instruktur dan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu memberikan beberapa anjuran jika memang akan menggunakan sepeda motor untuk mudik. Salah satunya adalah dengan mematangkan rute perjalanan. Setelah itu adalah jangan bawa barang yang tidak perlu. Jika memang akan bawa banyak barang, ia menyarankan untuk memaketkan terlebih ddahulu barang tersebut lewat jasa pengiriman.

“Atau barang yang hanya digunakan saat tiba di kampung halaman, apakah itu oleh-oleh atau baju lebaran, sebaiknya dikirim melalui paket pengiriman barang,” kata JusriĀ  (15/6/2017).

Ia melarang untuk membawa barang banyak ketikja naik motor adalah karena hal tersebut bisa menambah beban pada motor yang dikendarai.

“Kadang-kadang menyulitkan kontrol si bikers tadi,” ujar Jusri.

Ia menganjurkan saat melakukan mudik dengaan sepeda motor, yang perlu dibawa hanyalah peralatan berkendara. Selain itu, obat-obatan juga tidak masalah jika mau dibawa.

“Karena biaya kecelakaan jauh lebih mahal daripada biaya sebelum kecelakaan. Mungkin ada pikiran kirim barang-barang pakai paket itu mahal. Tapi barang-barang tadi akan menyulitkan dia dan bisa keluar biaya jauh lebih mahal ketika dia kecelakaan,” kata Jusri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *