Motor Baru Jokowi, 75 Persen Pakai Komponen Buatan lokal

Ototis.com – Seperti yang kita tahu, bahwa RI 1, Bapak Joko Widodo belum lama ini telah membeli sebuah kendaraan sepeda motor kustom dengan gaya chopper yang mana harganya kabarnya menyentuh angka Rp 140 Juta. Kendaraan tersebut diberi nama Chopperland dan berbalut warna gold atau emas yang membuat kendaraan tersebut semakin nampak elegan.

Kendaraan ini dimodifikasi oleh Elders Garage yang menggandeng Kickass Choppers dalam proses pengerjaannya. Kabarnya, kebanyakan dari bagian kendaraan tersebut merupakan buatan Indonesia, karena memang mereka sendiri yang memproduksi bagian-bagian tersebut.

Tak hanya sampai disitu, kendaraan ini juga dibekali dengan dapur pacu milik Royal Enfiled. Sedangkan untuk bagian lainnya, kebanyakan merupakan hasil produksi dari mereka sendiri.  Hal ii seperti yang disampaikan oleh pemilik bengkel KickAss Choppers, Veroland.

“Jadi Chopperland ini memang frame yang kita produksi dan beberapa parts kami kustom. Untuk mesin atau tromol itu kita ambil dari Royal Einfield 350 cc,” kata Veroland.

Kabarnya, unsur lokal dari kendaraan tersebut mencapai prosentase 75 persen. Sedangkan 25 persen sisanya, memang masih dibeli atau dari pabrikan lain karena mereka belum bisa melakukan produksi dari bagian bagian tersebut. Bagian yang belumdi produksi sendiri antara lain seperti ban dan tromol.

“Tangki, rangka, spakbor belakang, jok, arm belakang, swing arm bikinan kita semua. Bisa dikatakan 75 persen handmade lah,” katanya mengakhiri perbincangan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *