Mobil Listrik Tak Akan Dibebani dengan Pajak Barang Mewah?

Ototis.com – Sebuah Peraturan Presiden telah dirilis terkait dengan pengembangan kendaraan ramah Lingkungan di Indonesia. Peraturan tersebut ialah Perpres Nomor 22 tahun 2017 yang mengatur tentang rencana umum energi nasional. Dalam peraturan tersebut salah satunya memuat bahwa pada tahun 2025 nanti setidaknya ada 2.200 unit mobil listrik atau hybrid yang akan di produksi di Indonesia.

Selain itu, diharapkaan bahwa penjualan mobil Listrik di Indonesia dapat mencapai prosentase sebesar 20% dari total penjualan.

Terkait denga hal ini, berapakah insentif pajak yang akan diterima oleh pihak pabrikan dari pemerintah?

Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian RI menyampaikan bahwa kemungkinan nantinya Mobil Listrik tak akan dibebani dengan pajak barang mewah. Namun, meski ddemikian mobil listrik akan dibebani bea masuk sebesar 5 persen karena kemungkinan besar kebanyakan mobil listrik yang nantinya akan di jual di Indonesia masih di datangkan dari negara lain.

“Tapi, ini masih dalam pembicaraan, sedang pembahasan,” ujarnya di Kantor Kemenperin, Jakarta Selatan, Senin 26 Februari 2018.

Namun, menurut pernyataan dari Mardiasmo, selaku wakil menteri keuangan, ia menyampaikan bahwa terkait mobillistrik yang rencananya tak akan di bebani dengan pajak barang mewah masih dalam pembahasan.

“Nanti kami lihat pengaturan pajak konversinya. Nanti kami lihat dulu, insentif seperti apa, biar semua komprehensif,” ujarnya.

37 comments

  1. Pemerintah akan bebaskan pajak barang mewah untuk mobil . Mar 11 2019 Itu karena mobil listrik itu juga udah tidak berbasis CC tapi berbasis emisi ujar dia Menurut Airlangga harga kendaraan listrik jauh lebih mahal dibanding harga kendaraan konvensional Sehingga pembebasan pajak akan menjadi insentif yang mendorong produksi mobil listrik Karena produksi mobil biaya listrik itu mahal Maka perlu ad insentif.

  2. Asal Penuhi Syarat Ini Mobil Listrik Bebas Pajak Barang Mewah. Aug 08 2019 Asal Penuhi Syarat Ini Mobil Listrik Bebas Pajak Barang Mewah Jakarta Presiden Joko Widodo Jokowi mengatakan telah menandatangani peraturan presiden perpres tentang kendaraan listrik Untuk menggenjot industri kendaraan ramah lingkungan ini tentunya insentif fiskal dari pemerintah menjadi sangat penting.

  3. Tantangan Mobil Listrik Anies Termasuk Barang Mewah . Oct 27 2019 Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan meski berbagai insentif telah diberikan tapi pengimplementasian kendaraan listrik masih ada tantangannya Misalnya pajak yang diberikan untuk mobil listrik masih besar Untuk kendaraan mobil memang masih ada tantangan karena pajaknya masih besar masih diperlakukan sebagai barang mewah ujarnya usai membuka Karnaval .

  4. Dari Dulu Mobil Listrik Tesla sudah Bebas Pajak Barang Mewah. Aug 20 2019 Dari Dulu Mobil Listrik Tesla sudah Bebas Pajak Barang Mewah Mobil listrik mendapat insentif dan keringanan pajak terlebih jika dirakit lokal dengan tingkat komponen lokal sebesar 35 persen.

  5. Mobil Listrik Bakal Bebas Pajak di Tahun 2021. Mar 12 2019 Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan pelaku industri mobil agar penerapan bebas pajak untuk mobil listrik bisa tidak terbebani Ini sebetulnya baru akan berlaku tahun 2021 Kita sudah melakukan komunikasi dengan para pelaku industri dengan cukup intensif.

  6. Mobil Sedan Tak Lagi Dikenakan Pajak Penjualan Barang Mewah. Feb 09 2018 Angka untuk pajak sedan akan dikaji bersama Kementerian Keuangan Dengan dihapuskannya pajak penjualan barang mewah Airlangga berharap bisa mendongkrak produksi mobil sedan di Tanah Air Airlangga berharap struktur pajak baru bagi industri otomotif ini dapat selesai paling cepat pada triwulan I2018.

  7. Mau Beli Mobil Listrik Ini Besaran Pajak yang Harus . Oct 24 2019 Jonan menilai saat ini harga satu unit mobil listrik bisa mencapai dua kali mobil konvensional Dengan harga tersebut masyarakat takkan mungkin beralih ke kendaraan yang ramah lingkungan tersebut Kalau harga mobil listriknya Rp15 miliar siapa yang mau beli Atau Rp750 juta siapa yang mau beli.

  8. Pemerintah Bakal Kenakan Pajak Barang Mewah pada Mobil . Mar 12 2019 TEMPOCO Jakarta Pemerintah bakal mengenakan Pajak Penjualan Barang Mewah atau PPnBM pada low cost green car LCGC atau dikenal dengan Kendaraan Bermotor Hemat Energi dan Harga Terjangkau KBH2 Rencana itu tertuang dalam perubahan skema PPnBM yang diusulkan pemerintah dalam rapat konsultasi bersama Komisi Keuangan Dewan Perwakilan Rakyat Senin 11 .

  9. Mobil Sedan Tak Akan Jadi Barang Mewah Lagi Bisnis . Jul 21 2017 Dia menuturkan akan menyetarakan pajak sedan dengan mobil jenis SUV dan MPV Dengan adanya perubahan regulasi tersebut maka dia memandang sedan sebentar lagi posisinya tidak akan menjadi barang mewah lagi Hal ini lanjutnya adalah bagian dari perkembangan roadmap otomotif Indonesia Diketahui pajak untuk sedan adalah 30 persen.

  10. Aturan Pajak Mobil Listrik Telah Terbit Ini Isinya. Oct 23 2019 Aturan Pajak Mobil Listrik Telah Terbit Ini Isinya Jakarta Pemerintah menerbitkan ketentuan pengenaan pajak penjualan atas barang mewah PPnBM bagi mobil listrik melalui Peraturan Pemerintah PP No 73 tahun 2019 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan Atas Barang Mewah.

  11. Kendaraan Listrik Bakal Bebas Pajak Barang Mewah. Jakarta CNN Indonesia Pemerintah berencana membebaskan Pajak Penjualan atas Barang Mewah PPnBM untuk jenis mobil listrik Langkah ini adalah upaya pemerintah untuk mendorong .

  12. Mobil Listrik Bebas Pajak Barang Mewah Okezone Economy. Feb 26 2018 JAKARTA Pemerintah saat ini tengah mengkaji sistem perpajakan untuk mobil listrik Rencananya mobil listrik tak akan dikenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah PPnBM serta dikenakan bea masuk sebesar 5 Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan pembahasan pajak untuk mobil listrik ini masih berada di antara kementerian.

  13. Prediksi Harga Mitsubishi Xpander Jika PPnBM Nol Persen . Feb 12 2021 GridOtocom Pemerintah lewat Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian akan memberikan insentif fiskal berupa penurunan tarif Pajak Penjualan Atas Barang Mewah PPnBM Nantinya mobil kategori sedan dan 4×2 dengan kubikasi mesin 1500 cc ke bawah tak akan dibebani tarif PPnBM Kemenko Perekonomian menargetkan realisasi dari insentif pajak ini bisa diterapkan pada 1 .

  14. Pajak Penjualan Barang Mewah PpnBM Tempoco. Mar 12 2019 Pajak Barang Mewah untuk Mobil Dihapus di Batam Tahun Depan Otomotif elektronik hasil tembakau dan minuman keras tidak akan dikenai pajak pertambahan nilai dan penjualan barang mewah di wilayah Batam Bintan dan Karimun mulai tahun depan 4 Desember 2008 1322 WIB.

  15. Pajak Mobil Listrik dan Sedan Akan Dibuat Nol Persen. Mar 27 2019 Pajak Mobil Listrik dan Sedan Akan Dibuat Nol Persen Jakarta Era kendaraan listrik sudah didepan mata Kementerian Perindustrian Kemenperin terus mendorong seluruh industri otomotif di dalam negeri Agar mewujudkan program pengembangan kendaraan rendah emisi atau Low Carbon Emission Vehicle LCEV Diharapkan dengan adanya program .

  16. Ciptapangan Portal. Pemerintah akan memprioritaskan lima produk otomotif agar tak dibebani peningkatan titik maksimal pajak penambahan nilai barang mewah PPnBM dari 75 persen ke 200 persen Hal ini dilakukan untuk tetap menopang pasar otomotif nasional.

  17. Mobil Listrik Bakal Bebas Bea Masuk dan Pajak Barang Mewah. Kalau mobil listrik tak diberi insentif pajak harganya jadi lebih mahal dibanding mobil konvensional tentu masyarakat enggan membelinya Ada insentif kaitannya dengan Bea Masuk Pajak Penjualan Barang Mewah Ini biar mobil listrik harganya bersaing Kita create demand dulu ujar Andy.

  18. Ada Mobil Listrik Pemerintah akan Cabut Kebijakan Bebas . Aug 01 2019 Sejak 2014 mobil murah diberikan insentif bebas Pajak Penjualan atas Barang Mewah PPnBM atau 0 Tujuannya yakni untuk mendorong industri mobil .

  19. Kemenperin Tantangan Hadirkan Mobil Listrik. Aug 29 2019 Salah satunya melalui instrumen fiskal dengan membebaskan pajak penjualan barang mewah PPnBM untuk mobil listrik dengan emisinya nol Banyak hal yang diberikan pembebasan atau fasilitas Tentu saja salah satu contohnya adalah PP Nomor 41 .

  20. Aturan tentang Pajak Mobil Listrik Disambut Industri. Oct 28 2019 JAKARTA Terbitnya aturan mengenai pajak penjualan atas barang mewah PPnBM bagi kendaraan listrik menjadi angin segar bagi kalangan industri Dengan skema pajak baru tersebut kendaraan ramah lingkungan itu diharapkan bisa lebih terjangkau Skema pajak baru tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah PP No 73 Tahun 2019 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah .

  21. Negara Ini Siap Beri Insentif Pajak untuk Mobil Listrik. Feb 03 2020 Untuk sepeda motor listrik hanya akan membayar pajak tahunan sebesar 50 baht per kendaraan Saat ini lanjutnya kualitas udara di Thailand terus memburuk Jumlah partikel berukuran di bawah 25 mikron terus meningkat di udara seiring dengan .

  22. Selangkah Lagi Pajak Barang Mewah untuk Mobil Listrik 0. Mobil listrik bukan berbasis CC makanya diubah aturannya kata Airlangga Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan sesuai dengan UU Nomor 42 Tahun 2009 tentang Pajak Penjualan .

  23. Jokowi Terbitkan Pajak Barang Mewah Mobil Listrik. Oct 24 2019 Sementara itu jika mobil tersebut dibekali teknologi plugin hybrid atau memakai energi murni dari listrik maka PPnBM yang harus dibayar adalah 15 persen dari nol persen harga jual Artinya konsumen tidak perlu membayar pajak barang mewah untuk model tersebut.

  24. Alasan Pajak Barang Mewah Mobil Baru Tak Kunjung Terbit. Jakarta CNN Indonesia Banyak pihak berharap skema baru Pajak Penjualan atas Barang Mewah PPnBM yang dimotori Kementerian Keuangan Kemenkeu bisa segera terbit usai Peraturan .

  25. Kemenperin minta pajak dan bea masuk mobil listrik lebih . Aug 28 2017 Dia berharap insentif bea masuk dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah PPnBM untuk mobil hybrid dan listrik akan lebih rendah dibandingkan otomotif lainnya Kita akan dorong berbasis pada bea masuknya Kan basisnya kilowatt dan km per liter jadi targetnya di atas 30 km per liter untuk yang hibrida.

  26. Mobil Listrik Tak Bakal Kena Pajak Penjualan Barang Mewah . Aug 10 2019 Nah salah satunya melalui PP Nomor 41 Tahun 2013 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Nanti PPnBM Pajak Penjualan Barang Mewah untuk mobil listrik nol imbuhnya Hal itu disampaikan Airlangga Hartarto saat menghadiri Kongres Indonesian Diaspora Network IDN Global di Kota Kasablanka Tebet Jakarta Selatan.

  27. Pajak Barang Impor Mobil Listrik Diharapkan Bisa Ditekan . Aug 12 2019 TEMPOCO Jakarta Regulasi kendaraan listrik telah diteken oleh Presiden RI Joko Widodo pada 5 Agustus 2019 Pada bocoran rancangan regulasi tersebut akan ada perubahan skema Pajak Penjualan atas Barang Mewah PPnBM akan diberikan untuk setiap kendara listrik semua kategori hybrid plugin hybrid mobil listrik murni yang menguntungkan produsen.

  28. Insentif PPnBM Hanya Berlaku untuk Mobil Listrik Produksi . Jul 24 2019 TempoTony Hartawan TEMPOCO Jakarta Kementerian Perindustrian memastikan bahwa insentif tarif pajak penjualan atas barang mewah PPnBM hanya berlaku untuk mobil listrik yang diproduksi oleh produsen dalam negeri Dengan demikian keringanan pajak ini tidak berlaku bagi mobil listrik yang diimpor utuh.

  29. Aturan PPnBM Dihapus Mobil Listrik Bisa Bebas Pajak. Mar 12 2019 Untuk mobil yang sangat mewah ini tarifnya akan tetap tidak diturunkan karena masalah persepsi dan keadilan katanya Pengajuan skema pajak barang mewah yang baru itu memang tidak ditargetkan untuk penambahan penerimaan negara Tetapi memberikan stimulus untuk mendorong industrialisasi di bidang otomotif.

  30. Komponen Pajak Ini yang Membuat Harga Mobil Listrik Tesla . Aug 09 2019 TEMPOCO Jakarta Regulasi mobil listrik yang ditandatangani Presiden RI Joko Widodo pada Senin 5 Agustus 2019 diperkirakan memuat beragam insentif bagi industri otomotif Di antaranya adalah kemungkinan penghapusan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah PPnBM alias nol persen Nah lalu kenapa harga Tesla Model S dan Model X yang dijual di Indonesia bisa selangit di atas Rp 2 miliar .

  31. Asyik Mobil Listrik Bebas Pajak Barang Mewah. Aug 19 2019 Asyik Mobil Listrik Bebas Pajak Barang Mewah Rasanya seperti mimpi Tidak lama lagi kita akan melihat mobil listrik berseliweran di jalanjalan ibukota Dengan suara yang lebih senyap dari mobil bensin dan yang pasti bebas dari polutan penggunaan mobil listrik diprediksi bakal menjadi masif dalam beberapa tahun kedepan.

  32. Bebas Pajak Harga Mobil Listrik Akan Turun Otosiacom. Oct 25 2019 Mobil listrik Small Bussiness OTOSIACOM Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2019 telah diterbitkan Mengutip dari Liputan6com regulasi ini berisi mengenai pajak kendaraan rendah emisi dan listrik Menariknya dijelaskan bahwa mobil listrik tak akan dikenakan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah PPnBM.

  33. Kemenperin Dorong Pengembangan Mobil Listrik Pemerintah . Dorong Pengembangan Mobil Listrik Pemerintah Ubah Skema PPnBM Selasa 12 Maret 2019 Pemerintah siap memacu ekspor industri otomotif dengan harmonisasi skema Pajak Penjualan Barang Mewah PPnBM Dalam aturan baru ini PPnBM tidak lagi dihitung dari kapasitas mesin namun pada emisi yang dikeluarkan kendaraan bermotor.

  34. Menkeu Sri Mulyani Pajak Mobil Listrik Bakal Lebih . Jul 30 2019 Bisniscom JAKARTA Pajak Pertambahan Nilai PPN dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah PPnBM dari mobil listrik ke depannya bakal lebih rendah dibandingkan dengan mobil yang menggunakan BBM Hal ini bakal tertuang dalam Peraturan Pemerintah PP yang mengatur mengenai mobil listrik yang hingga saat ini masih terus digodok oleh pemerintah.

  35. Mobil Listrik Tak Kena Pajak Barang Mewah Otosiacom. Jan 26 2013 Hal itu dikarenakan mobil listrik tak termasuk dalam kelompok barang kena pajak yang tergolong mewah Untuk mendorong produksi mobil listrik di Indonesia pemerintah telah menyediakan dua regulasi utama untuk meringankan prinsipal alias pihak produsen.

  36. Apakah kamu setuju pajak pembelian mobil menjadi 0 . Pabrikan tidak perlu bayar pajak begitu mobil selesai dirakit jadi tidak kepikiran buat pindah ke Vietnam saja daripada dipalakin berhubung AFTA 0 Konsumen jelata masih senang karena turun produsen masih senang karena tidak dibebani biaya anehaneh tukang perintah senang masih ada penghasilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *