Mobil Korea Sulit Bersaing di Indonesia, Kenapa?

Ototis.com – Di Indonesia sendiri, kiprah mobil pabrikan Korea sebenarnya sudah cukup lama. Sayangnya, di Indonesia, sampai saat ini mobil dari pabrikan Korea masih kesulitaan untuk bersaing dengan produk-produk dari pabrikan asal Jepang, bahkan China yang baru saja memulai bisnisnya di Indonesia.

Terkait dengan hal ini, salah satu penyebab yang membuat mobil dari pabrikan Korea kesulitan untuk bersaing dengan mobil dari pabrikan asia lainnya di Indonesia adalah  belum adanya pabrik mereka di Indonesia. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Bebin Djuana, salah seorang pengamat otomotif di Indonesia.

“Korea sejak 10 tahun terakhir sudah mampu membuat mobil-mobil yang setara dengan merek-merek Eropa dan terbukti dalam waktu cukup singkat masuk lima besar dunia. Tetapi di pasar otomotif Indonesia, gema tersebut tidak terasa¬† dikarenakan tertundanya Korea membangun industri otomotif di Indonesia.” kata Bebin, Jumat 6 Juli 2018.

Dengan tak adanya pabrik di Indonesia, membuat semua produk mobil korea yang ada di Indonesia didatangkan langsung secara utuh dari pabriknya yang ada di negara lain. Dengan begitu, membuat mobil korea dibandrol dengan harga mahal karena dibebani pajak impor.

“Hal ini berakibat harga yang tidak bisa bersaing karena terkena pajak yang lebih tinggi ketimbang jika sudah diproduksi di sini,” kata Bebin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *