Mobil Daihatsu Di Indonesia Belum Pakai Teknologi CVT, Kenapa?

Ototis.com – Seperti yang kita tahu, bahwa kebanyakan pabrikan otomotif roda empat di Indonesia saat ini telah membekali produk mereka dengan menggunakan teknologi CVT. Namun, ternyata hal itu tak dilakukan oleh Daihatsu, dimana mereka hingga saat ini belum menggunakan teknologi tersebut untuk kendaraan yang dipasarkan di tanah air. Lalu kenapa ya?

Sebagai informasi, Continous Variable Transmission (CVT) merupakan sistem transmisi yang tidak memiliki gigi perseneling seperti pada mobil bertransmisi manual ataupun mobil bertransmisi otomatis konvensional.

Amelia Tjandra, selaku Direktur Pemasaran ADM menyampaikan bahwa salah satu alasan mereka sampai saat ini belum membekalkan produk mereka dengan teknologi tersebut ialah karena dengan menggunakan teknologi tersebut, maka kendaraan dari Daihatsu akan dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Seperti yang kita tahu, bahwa selama ini Daihatsu dikenal dengan pabrikan yang membandrol produknya dengan harga yang cukup murah.

“Kami juga ada nanti (mobil Daihatsu di Indonesia). Kalau di Jepang, semua pakai CVT. Tapi, kalau diterapkan untuk pasar Indonesia, harganya bagaimana, cukup (kompetitif) tidak. Kemudian, dari sisi kompetisi bagaimana,” ujarnya di Padang, Sumatera Barat, Jumat 12 Januari 2018.

Di sisi lain, Daihatsu Sirion yang saat ini diproduksi di Malaysia telah menerapkan teknologi tersebut. Dengan adanya kabar bahwa Daihatsu Indonesia akan mengimpor Sirion dari Malaysia, apakaah memungkinkan produk tersebut akan menjadi produk pertama dari Daihatsu Indonesia yang akan menggunakan Teknologi CVT?

Terkait dengan pertanyaan ini Amelia belum mau untuk menjawabnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *