Meski Infrastruktur Pengisian Baterai di Indonesia Belum Memadai, Nissan nekat Datangkan Mobil Listrik?

Ototis.com – Yang saat ini masih menjadi kendala dari perkembangan mobil listrik di indonesia salah satunya adalah masih belum banyak dan belum meratanya infrastruktur pengisian baterai. atau yang biasa disebut SPLU.

Namun, meski demikian, kabarnya Nissan tetap nekad untuk menghadirkan sebuah mobil listriknya ke tanah air. Kabarnya, mobil listrik tersebut akan menggunakan teknologi e-Power. Apakah teknologi e-Power tersebut?

Teknologi ini merupakan teknologi yang mereka nilai cocok untuk dijadikan transisi antara kendaraan mesin konvensional menuju kendaraan listrik. Dengan teknologi ini, tanki bensin tetap digunakan, namun bensin tersebut bukan langsung dijadikan untuk menggerakkan kendaraan. Namun, dengan teknologi ini bensin digunakan untuk mengisi baterai yang nantinya membuat kendaraan dapat beropeerasi.

“Problem utama mobil listrik adalah infrastruktur. Kendala utamanya adalah charging. Misalnya lebaran pulang kampung, dari Jakarta mau ke Yogya naik mobil listrik, sampai Cirebon baterai bisa habis. Kalau baterai habis kan nggak mungkin ngetok rumah orang untuk numpang ngecas,” General Manager Marketing Strategy Nissan Motor Indonesia (NMI), Budi Nur Mukmin, di Ubud, Bali, Selasa (21/11/2017).

“Yang dibutuhkan mobil listrik adalah charging station, tapi biaya pembangunan (charging station) mahal, populasi mobil listrik sendiri kecil. Artinya charging staion menjadi kendala utama. e-Power sendiri adalah teknologi yang membuat mobil listrik tidak perlu dicas, karena menggunakan bensin yang dipakai untuk memutar mesin yang dikonversi menjadi tenaga baterai. Baterainya itu menggerakkan roda. Ini adalah jawaban Nissan terhadap problem negara-negara seperti Indonesia yang punya kesulitan terhadap charging station,” kata Budi.

Dengan alasan ini, dan karena kendaraan ini tak memerlukan SPLU, maka akhirnya Nissan bertekad untuk menghadirkan kendaraan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *