Meski Disalip Sigra, Penjualan Xenia Tak Alami Penurunan

Ototis.com – Saat ini, di Indonesia produk dari Daihatsu yakni Sigra telah sukses mengungguli produk dari Daihatsu lainnya yakni Xenia. Namun, apakah sekiranya hal ini akan bertahan lama, atau hanya untuk sementara saja?

“Sigra saat ini menjadi brand yang paling laku di kelompok Daihatsu, menggantikan Daihatsu Xenia. Dulukan Daihatsu Xenia paling laku tapi sekarang Daihatsu Sigra. Bertahan sampai kapan? Pada dasarnya MPV itu selalu menjadi mobil idaman masyarakat indonesia sampai hari ini, jadi sampai kapan ya kita juga harus lihat selera masyarakat Indonesia berubahnya sampai kapan,” ujar Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, di Tokyo.

Namun, meskipun sat ini Sigra telah menyaalip penjualan dari Xenia, ternyata yang mengejutkan penjualan Xenia tetap stabil, tanpa mehalami penurunan yang begitu signifikan dalam hal penjualaan.

“Daihatsu Xenia-nya enggak turun (penjualan-Red), secara share atau rangking kita tetap nomor dua. Tapi pasarnya MPV tidak naik dengan adanya model baru. Jadi Mitsubishi Xpander masuk pasarnya tidak naik,” katanya.

Terlepas dengan hal ini, wanita tersebut sedikit menyinggung mengenai pasar otomotif kelas MPV yang justru tidak merangkak naik untuk secara keseluruhan. Baginya, hal ini sangat ada hubungannya dengan perusahaan leasing.

“Pasar itu dipengaruhi oleh daya beli dan kebutuhan, kebutuhan orang beli mobil di Indonesia itu beli mobil direalisasikan dengan kredit, umumnya 70 sampai 80 persen itu kredit. Kalau mau pasar mobil itu growth, industri leasing harus mendukung, saat ini industri leasing sangat hati-hati,” ucap Amelia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *