Mercy Janji Akan Setor Data Penjualan Secara Rutin

 

Ototis.com – Beberapa saat yang lalu, sempat terjadi konflik antara pihak Gaikindo, selaku badan yang menaungi merek kendaraan bermotor yang di jual di Indonesia, dengan salah satu anggotanya yakni Mercedes Benz. Konflik tersebut bermula denganĀ  enggannya pihak Mercedes untuk menyetorkan data penjualan mereka kepada Gaikindo.

Pihak Mercedes sendiri melakukan hal tersebut karena menilai bahwa mereka hanya boleh menyetorkan data penjualan kepada pihak pemerintah saja, bukan kepada pihak lain. Namun, berdasarkan pernyataan dariĀ  Yohannes Nangoi, selaku Ketua Gakindo menyampaaikan bahwa mereka merupakan badan yang memang sudah ditunjuk oleh pihak pemerintah.

“Kami diwajibkan oleh pemerintah, sesuai dengan Peraturan Menteri Nomor 79 Tahun 2013. Otomatis, anggota kami minta untuk mengumpulkan,” kata Yohannes di Kawasan Wijaya, Jakarta Selatan, Selasa 6 Februari 2018.

Dengan segala kejelasan tersebut, akhirnya pihak Mercy dan Gaikindo berdamai. Mercy berjanji akan rutin menyetorkan data penjualan mereka kepada pihak Gaikindo. Sebagai informasi, bahwa menyetorkan data penjualan merupakan kewajiban bagi semua anggota Gaikindo tanpa terkecuali.

“Pak Dirjen Ilmate (Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika) Kementerian Perindustrian, Harjanto sudah bicara ke Mercedes. Dan sudah disepakati, Mercedes menjanjikan dalam minggu ini data sudah dikirim kembali,” ujarnya.

Lebih dari itu, Jongkie D. Sugiarto juga menyampaikan bahwa saat ini, data penjualan kendaraan juga dapat dilihat melalui situs resmi dari Kementerian Perindustrian.

“Secara tidak langsung, ini adalah portal langsung yang bisa dibuka di laman resmi Kementerian Perindustrian. Kalau sudah begini, berarti pemerintah memberikan restu terhadap data-data yang diunggah Gaikindo,” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *