Merawat Kijang lawas? Gak Ribet Kok!

Ototis.com – Toyota Kijang, yang lahir di Indonesia sejak tahun 1977, saat ini pamornya kian menurun. Salah satu faktor yang membuat penurunan pamor tersebut adalah karena hadirnya kendaraan sejuta umat yaakni Toyota Avanza. namun, tak semata-mataa lenyap, Toyota Kijang saat ini masih sering di jumpaai di Indonesia. Bahkan saat ini komunitas kendaraan tersebut yang mereka beri nama Toyota Kijang Club masih aktif.

Dalam komunitas ini, terapat beberapa model Kijang yang bermacam. Dan diantara mereka yang paling mencolok adalah Kijang yang memiliki bentuk kotak seperti halnya Kijang Doyok, Kijang Super, dan Grand. Lalu bagaimanakah cara memberikan erawatan terhadap Kijang yang merupakan keluaran terdahulu (lawas), apakah ribet?

Novryanto Bagus Wicaksono selaku Ketua Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI), menyampaikan bahwa sebenarnya untuk merawat Kijang jenis lawas tak teralu susah.

“Karena ini masih pakai karburator, jadi harus lebih rajin dibersihin karburatornya pakai carburetor cleaner sama busi, rajin ganti oli. Gitu-gitu saja sih. So far kalau sudah bagus dari awal, part-nya udah pasti bagus semua,” ungkap Novryanto.

Menurut pria tersebut, meskipun kendaraan itu telah berumur, namun untuk mengganti komponen masih cukup mudah. hal tersebut dikarenakan pihak Toyota masih memakai dan memasarkan komponen Kijang terdahulu.

“Sebenernya sih perawatannya enggak susah, sama saja. Kalau sekarang mobilnya juga stay saja di rumah enggak dipakai rutin atau harian, keluarnya cuma event-event saja,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *