Menggunakan Sabuk Pengaman Saat Berkendara Adalah Hal Yang Sangat Penting

Ototis.com – Sabuk pengaman, atau safety belt merupakan salah satu alat pengaman yang telah dibekalkan oleh pabrikan mobil dengan tujuan pengendara mobil tersebut menjadi lebih aman ketika tengah berkendara.

Namun, sayangnya saat ini masih banyak pengendara yang mengabaikan keberadaan dari sabuk pengaman. Banyak dari mereka saat ini yang berkendara tanpa mengenakan fungsi dari sabuk pengaman.

“Mobil bukan hanya sebagai alat transportasi yang bisa membawa kita dari satu titik ke titik lain, tapi alat transportasi juga sudah dilengkapi peranti keselamatan seperti nomor satu safety belt yang mesti dipakai, bukan pajangan,” kata pebalap Rifat Sungkar di ICE BSD, Tangerang.

Tak hanya sabuk pengaman, Pria tersebut juga menyebutkan terkait dengan pentingnya air bag pada sebuah kendaraan saat terjadi sebuah kecelakaan. Namun, tetap saja bahwa fungsi keamanan dari air bag baru akan terlihat jika si pengemudi mengenakan sabuk pengaman.

Karena itu, selain mengandalkan airbak ketika terjadi kecelakaan, penggunaan sabuk pengaman juga disebutnya menjadi hal yang sangat penting.

“Airbag adalah bantalan yang bisa menjamin keselamatan kalau safety belt kita pakai dulu. Airbag itu kalau meledak kecepatannya kurang lebih 250 km/jam,” jelas Rifat.

“Jadi orang-orang yang nggak selamat dari tabrakan mobil adalah ketika dia tidak pakai safety belt begitu tabrakan ke depan dihajar sama airbag lari 250 km/jam, ya pesek semua mukanya,” tutup Rifat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *