Memodifikasi lampu Utama Mobil Dengan Led, Bolehkah?

Ototis.com – Modifikasi pada mobil di Indonesia saat ini menjadi hal yang biasa dilakukan oleh para pemilik kendaraan roda empat tersebut untuk membuat mobilnya makin terlihat ‘keren’. Salah satu bagian mobil yang paling sering dilakukan modifikasi adalah pada lampunya.

Tak sedikit pengendara mobil di Indonesia yang merubah lampu utama mobil miliknya dengan menggunakan LED. Lalu, apakah hal ini sebenarnya dianjurkan?

Menjawab pertanyaan tersebut, Lily Hernawan, selaku Direktur CV Sampurna Part Niaga selaku distributor lampu Autovision di Indonesia menyampaikan bahwa sanya mengubah sembarangan bagian lampu utama merupakan hal yang tidak disarankan.

“Rata-rata kabel kelistrikan dan daya tahan mika lampu asli pabrikan batas maksimalnya sampai 70 watt, seperti Avanza lampunya saja hanya 55 watt. Maka jika watt lampu yang digunakan berlebihan, hawa panasnya akan menghancurkan reflektor,” ujarnya.

Bahanyanya, jika watt yang digunakan melebihi batas akan berpeluang terjadi korseleting dan bahaya lainnya, bahkan bisa juga sampai bagian tersebut jadi terbakar.

“Maksimal sebenarnya di 70 watt untuk kabel bawaan pabrikan, jadi jangan berlebih menggunakan watt dan sampai ganti kabel. Kalau HID 35 watt lebih kecil dari halogen watt-nya tapi cahaya yang dihasilkan HID panas. Yang enggak panas LED, tapi enggak bisa seterang HID pencahayaannya,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *