Memboncengkan Anak Dengan Sepeda Motor, Perhatikan Cara Yang Tepat!

Ototis.com – Sampai saat ini, sepeda motor masih menjadi kendaraan yang paling menjadi favorit dari masyarakat Indonesia. Hal ini tak lain adalah karena kendaraan tersebut yang dianggap dapat menerobos kemacetan, serta secara harga juga kendaraan tersebut juga masih dapat dijangkau oleh mayoritas masyarakat Indonesia.

Meskipun biasanya dimiliki secara perorangan, tak jarang juga sepedamotor yang digunakan untuk berboncengan. Namun, berdasarkan saran dari Widjang Djendrawan,  selaku Head of Road Safety and Motorsport Committe AISI menyampaikan bahwa sebaiknya sepeda motor tak digunakan untuk berboncengan dengan anak kecil.

“Desain sepeda motor memang tidak dirancang untuk anak. Jadi saran saya, memang tidak usah membonceng anak pakai motor, karena terkait safety,” ujarnya di Jakarta, Selasa 15 Mei 2018.

Namun, apabila sangat terpaksa dan tak ada jalan lain untuk memboncengkan anak kecil, maka yang perlu diperhatikan ialah harus membncengkan dengan cara yang benar. Posisi membonceng, anak seharusnya memeluk erat orang tua atau pengendara motor tersebut. Setelah itu, kaki anak juga harus dapat menapak pada pijakan.

“Jangan lupa helm, serta jaket untuk anak. Terus, anak sebaiknya tidak di depan. Pas anak naik motor, pastikan motor belum menyala untuk mencegah gas diputar tidak sengaja, dan naik sebisa mungkin dari sebelah kiri,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *