Memasuki Musim Hujan, Bagaimana Nasib SPLU?

Ototis.com – Tempat pengisian baterai kendaraan listrik atau yang biasa disebut dengan istilah SPLU memang saat ini sudah berdiri di beberapa tempat di Indonesia, terutama wilayah Jakarta. Namun, berkaitan dengan keadaan cuaca saat ini yang memasuki musim penghujan, terlebih wilaya Jakarta kerap kali dilanda banjir, lalu bagaimana nasib dari SPLU tersebut?

Menjawab pertanyaan tersebut, Ikhsan Asaad, selaku General Manager PLN Disjaya yang notabene merupakan penyedia SPLU itu sendiri menyampaikan bahwa segala hal tersebut sebelumnya telah mereka pertimbangkan. Olehkarena itu, saat ini mereka menyatakan bahwa SPLU akan tetap aman meskipun saat ini memasuki musim penghujan.

“Iya kita pasangnya (SPLU) di outdoor. Tapi untuk mengatasi hujan besar dan banjir kami sudah pasang proteksinya,” ujar Ikhsan di sela-sela Kick Off Meeting Pengembangan Charging Station (SPLU) Untuk Mendukung Akselerasi Kendaraan Listrik di Jakarta, Kamis (14/12/2017).

“Kalau misalnya terendam (SPLUnya) otomatis langsung mati (listriknya). Jadi kami memang buat proteksi yang sangat sensitif untuk hal ini. Kemudian dari casing sudah IP54, sudah waterproof ya, dan memang itu kan jaraknya tinggi,” lanjutnya.

Beliau juga menyampaikan, bahwa kebanyakan mereka mendirikan SPLU di beberapa tempat yang cenderung memiliki ketinggian tertentu. Jadi, dengan demikian SPLU dapat terhindar dari wabah banjir.

“Stationnya (SPLU) memang yang banyak dipasang di tempat tertentu. Nanti yang wall (fasilitas penyediaan Listrik seperti tiang listrik, tidak bisa dipindah-pindahkan-Red) juga diberlakukan seperti itu karena nggak butuh tempat besar seperti di gedung kantor dan lain lain,” tutup Ikhsan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *