Masalah Yang Timbul Jika Kursi Angkot Menghadap Ke Depan

Ototis.com – Seperti yang banyak terdapat di beberapa daerah di Indonesia, bahwa angkot pada umumnya memiliki tempat duduk yang berada di samping dan saling berhadapan. Namun, mulai tahun depan kabarnya akan dibuat kebijakan baru yang nantinya membuat tempat duduk di angkot akan menghadap kedepan semua.

Dikabarkan di 2018 nanti pemerintah akan mengeluarkan sebuah kebijakan terkait dengan angkot, yang merujuk pada keamanan dan kenyamanan penumpang. Terkait dengan peraturan tersebut belum ada yang tahu apakah mengenai peraturan tentang posisi tempat duduk angkot terbaru akan dimasukan pada kebijakan tersebut ataupun tidak.

Menanggaapi hal ini, Amelia Tjandra selaku Direktur Marketing PT ADM menyampaikan bahwa selama ini tujuan dari posisi tempat duduk yang berada di samping adalah untuk mempermudah penumpangnya dalam hal keluar dan masuk angkot.

Namun, ketika kursi angkot kedepannya akan dianjurkan untuk menghadap ke depan, maka mau tidak mau produsen kendaraan harus membuat mobil yang memiliki pintu di bagian belakangnya.

“Karena untuk keluar masuk akan repot kalau tidak disiapin juga pintu di bagian belakang,” kata Amelia.

“Kalau kursi menghadap ke depan, tapi pintunya hanya lewat belakang kasihan bolak-baliknya. Itu yang membuat kursi angkot tidak menghadap ke depan semua,” ujar Amelia.

Sebenarnya, dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 29 tahun 2015 yang kabarnya menjadi acuan terkait dengan adanya kebijakan baru pemerintah tentang angkot tak ada yang membahas tentang posisi tempat duduk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *