Lewati Jalanan Berkabut? Perhatikan Hal Ini

Ototis.com – Momen liburan seperti yang terjadi saat ini banyak dimanfaatkan oleh beberapa orang untuk pergi berlibur bersama sanak keluarganya. Bagi mereka yang tinggal di kawasan Jakarta, tak sedikit yang memutuskan untuk berwisata ke Kawasan Puncak, Bogor.

Salah satu daya pikat dari tempat tersebut adalah udara yang masih sejuk dan pemandangan yang indah. Namun, saat ini, dengan kondisi cuaca yang seperti saat ini membuat jalanan menuju tempat tersebut menjadi banyak diselimuti kabut. Hal ini tentunya sangat berbahaya dan memperbesar kemungkinan kecelakaan.

Demi menjaga keamanan ketika mengunjungi tempat seperti ini adalah upayakan mengendarai kendaraan dengan kecepatan rendah. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Poedyo Santosa selaku Training Director Indonesian Road Safety Agent.

Tujuan dari tidak memacu kendaraan terlalu cepat adalah untuk memperlambat perputaran ban. Hal ini dilakukan supaya terhindar dari aquaplaning, atau berkurangnya bersentuhannya antara ban dengan aspal akibat air.

“Nyalakan lampu besar, walaupun pada siang hari. Bukan lampu hazard,” kata Poedyo.

Selain itu, ia juga sangat menyarankan untuk sering-sering melihat ke arah kaca spion. Hal ini mewaspadai kendaraan yang berada di belakang.

“Nyalakan lampu kabut, baik depan maupun belakang. Jika mobil tersebut sudah dilengkapi lampu kabut,” tuturnya.

Ia juga menyarankan supaya pengendara tidak memaksakan diri ketika terjadi hujan lebat. Maka dari itu, jika hujan turun sangat deras lebih baik bila kita berheti.

“Disarankan cari tempat berhenti yang aman,” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *