KIA Masih Pikir-pikir Buat Bangun Pabrik Di Indonesia

Ototis.com – Jika dibandingkan dengan pabrikan otomotif yang berasal dari Jepang, memang bisa dikatakan bahwa pabrikan asal Korea belum terlalu bisa bersaing dengan pabrikan dari Jepang. Salah satu yang membuat pabrik korea belum bisa kopetitif dalam persaingan otomotif di indonesia adalah karena mereka belum memiliki pabrik sebanyak pabrikan Jepang.

Sebagai contoh, ialah KIA. Sampai saat ini pabrikan mobil asal Korea tersebut belum satupun memiliki pabrik di indonesia. Alhasil mobil yang mereka jual di tanah air semua merupakan hasil impor.

“Mungkin ke depannya kita ada beberapa rencana, kita ada beberapa melakukan studi. Tapi kalau kita lihat data Gaikindo kebanyakan memang mobil Jepang (penjualan di Indonesia). Kalau kita lihat ini kita harus hati-hati. Orang Korea lebih hati-hati jangan sampai mereka kehilangan bisnis. Seperti teman-teman kita yang dengan sangat menyesal mereka harus tutup,” kata Marketing and Business Development Manager, Harry Yanto.

Banyak di kabarkanĀ  bahwa KIA merupakan pabrikan mobil yang satu grup dengan pabrikan mobil asal korea lainnya yakni Hyundai, lalu benarkah berita tersebut?

“Mungkin kalau kita dengar di Korea-nya satu group, tapi di Indonesia kita masing-masing. Mungkin kalau dananya dari Korea langsung, bisa saja bersama (bangun pabrik melahirkan mobil bersama-sama-Red). Jadi wacana selalu ada (bangun pabrik-Red),” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *