Kenapa Orang Selalu Naik dan Turun Motor dari Arah Kiri? Ini Penjelasannya!

Ototis.com – Bukan merupakan sebuah peraturan, namun kebiasaan seseorang untuk naik dan turun motor dari sisi kiri memang telah membudaya di Indonesia. Namun, apa sebenarnya yang membuat orang-orang terbiasa melakukan hal tersebut?

Terkait dengan hal ini, Jusri Pulubuhu dari Jakarta Defensive Driving Consulting mrnyampaikan bahwa kebanyakan orang melakukan hal tersebut karena ada kaitannya dengan stabilitas kendaraan sepeda motor.

“Dengan posisi seperti itu berarti daya gravitasinya ada di kiri. Karena ketika naik dari kanan dan badan ngangkat miring sambil naik motor, nah ini setang goyang, dan ketika hilang kestabilan, otomatis motor akan ketarik ke kanan, dan di kanan tidak ada side stand lalu jatuh jika kaki tidak mampu menahan,” tutur Jusri kepada VIVA, Selasa 20 Maret 2018.

Pria tersebut juga menyampaikan bahwa dirinya memang lebih menganjurkan supaya orang lebih memilih naik atau turun motor dari sebelah kiri. Pria tersebut juga tak menampik bahwa selama ini banyak orang melakukan hal tersebut tanpa sadar, kecuali kalau orang tersebut memang lulusan dari sekolah berkendara.

“Kalau teknik menaiki motor dalam keadaan standar dua itu hanya motor-motor dual purpose yang dimensinya relatif tinggi, seperti motor adventure BMW R1200GS, KTM 1290 Super Adventure dan sejenisnya,” ujar Jusri lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *