Kenapa Biaya Asuransi Juga Mengalami Kenaikan Tiap Tahunnya?

Ototis.com – Sejalan dengan harga kendaraannya, ternyata harga dari asuransi kendaraan juga akan mengalami kenaikan dalam setiap tahunnya. Mungkin selama ini masih belum banyak orang yang memahami terkait dengan hal ini. Dan yang harus dimengerti adalah, bahwa kenaikan biaya asuransi ini hanya akan terjadi pada kendaraan keluaran terbaru. Dengan kata lain kenaikan ini tidak berlaku untuk kendaraan keluaran lawas.

Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Iwan Pranoto, Head of Communication and Event Asuransi Astra yang menyampaikan bahwa perhitungan biaya perbulan itu diproleh dari rate yang mana dikalikan dengan harga dari kendaraan tersebut.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa hal yang menentukan kenaikan rate dasar ini diambil dari Asosiasi Asuransi Umum Indonesia, serta juga Otoritas Jasa Keuangan.

“Jadi, rate itu yang nantinya akan menjadi acuan industri para pemegang merek. Misalnya, kategori satu acuan rate-nya sekian, berarti asuransi Astra akan mereview. OJK yang menentukan rate batas atas dan batas bawah,” ujarnya.

Dengan kata lain, apabila rate tersebut nilainya tetap, namun mobil atau sepeda motor tersebut mengalami kenaikan harga, tentu saja  maka berakhibat pada naiknya biaya premi asuransi.

“Menentukan rate itu macam-macam, ada yang berdasarkan wilayah, ada juga berdasarkan harga pertanggungan,” tuturnya.

Nah sekarang tahu kan, apa yang menyebabkan biaya asuransi mengalami kenaikan. Semoga informasi ini bermanfaat ya guys..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *