Kehadiran Dua Kompetitor Baru, MPV Xenia Tetap Banyak Peminat

Ototis.com – Meskipun saat ini otomotif roda empat yang berada dalam segmen Low-MPV telah kedatangan pemain baru, namun hal ini ternyata tak membuat para pemain lama seperti Daihatssu Xenia menjadi gentar. Seperti yang kita tahu, bahwa di Indonesia khususnya pabrikan Wuling dan Mitsubisshi turut meramaikan kelaas MPV, yakni melalui Confero dan Xpander. Namun, bagi Daihatsu, mereka menilai hadirnya kompetitor baru merupakan suatu hal yang wajar dalam sebuah persaingan pasar.

“Nggak takut, itu wajar saja. Kalau Daihatsu selalu menganggap persaingan itu adalah bisnis yang normal di era globalisasi. Daihatsu juga melakukan hal itu. Bagus malah, membuat konsumen banyak pilihan, tapi saya percaya yang cocok untuk Indonesia itu yang akan dipilih masyarakat,” ujar Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, di Tokyo.

Wanita tersebut juga menambahkan bahwa hadirnya produk-produk baru dalam kelas MPV menandakan bahwa di Indonesia segmen tersebut menjadi segmen yang paling digemari oleh masyarakatnya.

“Nggak, belum. Karena memang, kebutuhan mobil idamannya masih itu (masih LMPV-Red). Apakah kami merasa konsumen Daihatsu kerebut belum, Daihatsu Xenia menurut saya nggak kegerus dengan Mitsubishi Xpander. Karena konsumennya beda. Hasil survey kita menunjukkan yang beli Daihatsu Xenia nggak terpengaruh dengan Xpander, Xpander juga nggak terpengaruh dengan Daihatsu Xenia,” kata Amelia.

Sedangkan untuk Wuling sendiri, menurut Amelia, menurutnya karena tahun ini merupakan debutan bagi Wuling di Indonesia, ia menilai pabrikan tersebut masih perlu waktu untuk menciptakan brand. Hal ini dikarenakan menurutnya sebagian besar masyarakat Indonesia memilih mobil untuk jangka panjang. Ada juga yang menggunakan mobil sebagai investasi, jadi kebanyakan dari mereka akan memilih mobil dari pabrikan yang sudah teruji kualitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *