Kebiasaan Sepele Ini Dapat Merugikan Kendaraan Anda

Ototis.com – Kebanyakan pengendara sepeda motor biasanya  kerap menstarter kendaraanya langsung setelah memutar kontak pada posisi on. Padahal jarum yang terdapat pada ordometer masih dalam kondisi bergerak.

Sebenarnya, kebiasaan seperti itu sebaiknya dihentikan. Walaupun memang tak ada pengaruh langsung terhadap kendaraan anda, namun akan memberatkan kerja aki. Hal itu sesuai yang dikatakan oleh Sarwono Edi, Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM).

Saat dalam kondisi jarum bergerak, sesungguhnya pompa bensin sedang memberi tekanan pada injektor. Artinya masih memakan energi listrik dari aki yang besar.

“Jika aki tersebut kondisi prima maka tidak ada masalah, akan tetapi jika kondisi aki kurang prima, maka aki akan sedikit berat mensuplai energy listrik ke pompa dan motor starter,” kata Sarwono.

Untuk itu lebih amannya sebaiknya kita menstarter kendaraan sepeda motor setelah jarum ordometer berada di posisi yang benar. Namun jika anda sulit meninggalkan kebiasaan itu, alangkah baiknya kesehatan aki perlu diperhatikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *