Keberhasilan Negara Eropa Kembangkan Mobil Listrik Tak Lepas Dari Peran Pemerintahnya

Ototis.com – Sampai saat ini, sudah ada beberapa negara yang telah berhasil mengembangkan mobil listrik. Seperti halnya beberapa negara di benua Eropa yang mana mobil listrik saat ini sangat di gemari oleh sebagian besar masyarakatnya.

Terkait dengan hal ini, Toshinaga Kato, selaku General Manager Indonesia Business Department, ASEAN Div. Mitsubishi Motors Corporation menyampaikan bahwa salah satu yang membuat negara-negara tersebut sukses mengembangkan kendaraan listrik adalah karena pemerintah setempat memberikan dukungan secara penuh.

“Perkembangan mobil listrik di Eropa sangat pesat, dan ini tidak lepas dari peran pemerintah,” kata Kato.

Dengan berbagai kebijakan yang di hadirkan oleh pemerintah setempat untuk dapat mengembangkan kendaraan listrik-lah yang akhirnya saat ini kendaraan listrik dapat diterima baik oleh masyarakat di negara tersebut.

“Berbagai kebijakan yang mendukung lahirnya mobil listrik diantaranya diberikan kepada mobilnya diantaranya memberikan subsidi, mengurangi pajak, pajak pendaftaran kendaraan, dan potongan pajak lainnya,” tambahnya.

Demi dapat mempopulerkan kendaraan Listrik, pemerintah di negara-negara tersebut juga memberikan keistimewaan sendiri bagi masyarakat yang telah memiliki kendaraan ramah lingkungan tersebut.

“Seperti di London yang memberikan bebas road pricing fee, begitu juga seperti di Tokyo serta negara lainnya yang memberikan gratis parkir. Begitu juga dengan Barcelona yang memberikan gratis jalan tol bagi pengendara mobil listrik, dan California serta kota lainnya memberikan jalur khusus untuk kendaraan listrik,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *