Kebanyakan Pembelian Mobil di 2017 Dilakukan Secara Kredit

Ototis.com  – Pada tahun 2017 lalu, penjualan kendaraan roda empat di Indonesia menembus angka 1.079.534 unit. Jumlah tersebut ternyata lebih banyak jika dibandingkan penjualan mobil di tahun sebelumnya. Tetapi, meskipun penjualan meningkat, peningkatan tersebut tidaklah terlalu signifikan.

Dari semua mobil yang terjual di Indonesia, kebanyaakan penjualan dilakukan secara cicilan atau kridit. Hal ini dapat dilihat dari prosentase pembelian secara kredit yang mencapai 70%. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Jongkie D. Sugiarto selaku Ketua I Gaikindo.

“Dari total penjualan di 2017, 70% penjualan mobil masih pakai leasing atau kredit,” ujar Jongkie di Jakarta.

Untuk segmen yang paling laris, sampai saat ini masih dipegang oleh segmen MPV yang mana penjualannya di tahun 2017 mencapai 596.893 unit. Angka ini mengartikan lebih dari separuh dari total penjualan mobil di tahun ini adalah kendaran yang berada dalam segmen mobil keluarga ini. Sebagai informasi, bahwa dalam segmen MPV diramaikan oleh kendaraan sejuta umat, Toyota Avanza yang mencatatkan angka penjualan terbanyak, yakni mencapai 123.000 unit.

Selain itu, penjualan mobil di Indonesia pada tahun 2017 juga masih dikuasai oleh pabrikan asal Jepang. Di Indonesia sendiri, ada 12 pabrikan asal Jepang yang ikut meramaikan Industri otomotif Indonesia.

“Jepang dengan 12 merek menguasai 98%. Kemudian baru ada Korea, Amerika Serikat, dan lainnya. Dari dulu nggak berubah-ubah, pasarnya masih begini-begini saja,” ujar Jongkie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *