Kapan Jam Yang Paling Berpotensi Terjadinya Kecelakaan lalu Lintas di Indonesia?

Ototis.com – Mungkin banyak yang belum tahu, bahwa setiap harinya ada jam-jam tertentu dimana peluang terjadinya kecelakaan di jalanan akan lebih besar jika dibandingkan dengan pada jam-jam lainnya.

Untuk di Indonesia sendiri, pada rentang jam 06.00 – 12.00 menjadi jam yang paling sering terjadinya kecelakaan. Bahkan 33,63% dari kecelakaan yang terjadi di Indonesia terjadi pada rentang tersebut. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Edo Rusyanto, selaku Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan.

Pria tersebut juga menyampaikan bahwa setidaknya ada 96 kecelakaan setiap harinya di Indonesia yang terjadi pada jam-jam tersebut. Alasannya, pada jam tersebut biasanya akan menjadi puncak aktifitas masyarakat. Seseorang akan berangkat untuk beraktifitas seperti bekerja saat pagi hari. Hal ini membuat di jam-jam jam tersebut kondisi jalanan akan lebih padat.

“Lalu tergesa-gesa. Ketakutan terlambat tiba di kantor atau di tempat tujuan lainnya, bisa jadi membuat konsentrasi pengendara menjadi terganggu. Buntutnya, bisa memicu terjadinya kecelakaan,” ujar dia, Selasa, 2 Januari 2018.

Selain rentang jam 06.00 – 12.00, rentang jam dari 12.00-18.00 ternyata juga menjadi pendonor kecelakaan kedua karena meraih prosentase sebanyak 32,6% dari total kecelakaan yang terjadi di Indonesia.

“Sore hari memiliki karakter hampir sama dengan pagi, yakni volume kendaraan bermotor sedang dalam puncaknya. Boleh jadi juga ada aspek tergesa-gesa karena ingin segera tiba di rumah sehingga pengendara menjadi lengah,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *