Kaca Mobil Dilempari Telur, Pertanda Buruk, Lakukan Hal Ini!

Ototis.com – Di zaman seperti ini, pelaku kejahatan ada di mana mana, termasuk di jalanan. Sebagai contoh yang akhir-akhir ini kerap kali terjadi adalah dengan pelemparan telur di bagian kaca depan mobil. Lalu bagaimanakah ataupun apa hal yang perlu kita lakukan bila mana mengalami peristiwa tersebut?

Menanggapi pertanyaan tersebut, Poedyo Santosa selaku Senior Instruktur Indonesian Road Safety mengatakan  bahwa jika seandainya hal ini terjadi, maka tindakan yang tepat untuk dilakukan adalah untuk tidak menghentikan mobilnya, melainkan terus berjalan. Selanjutnya, hal yang harus di hindari adalah menyalakan wiper apa lagi ditambah dengan semprotan air.

“Salah satunya adalah ketika kita dilempar telur, kita lihat dilempar telur jangan sampai kita nyalain wiper, jangan sampai nyalain air. Gimana caranya, diamkan aja sampai cari tempat yang aman, entah itu masjid, kantor polisi, pom bensin, baru dibersihin,” tutur Poedyo di Jakarta.

Menyiram kaca yang terkwna telur, akan membuat kaca menjadi kotor dan berdampak dengan hilangnya pandangan di depan. Orang yang terlanjur melakukan hal tersebut mau tidak mau harus menghentikkan laju kendaraannya. Padahal, pada saat yang bersamaan para pelaku kejahatan akan melancarkan aksi selanjutnya. Untu itu sebaiknya tidak menghidupkan wiper serta terus berjalan sampai menemukan tempat yang dirasa aman.

“Karena apa saat telur disiram pakai air dia akan rata satu kaca kita nggak bisa ngelihat apa-apa akhirnya kita berhenti, nah di saat berhenti itulah mereka beraksi,” jelas Poedyo.

“Saya saja pernah ada orang nunjuk-nunjuk ban, nggak ah gak kenapa-kenapa saya terus aja jalan cari tempat aman berhenti keliling mobil nggak ada apa-apa. Jadi mereka modusnya supaya kita berhenti, kalau sudah berhenti mereka beraksi,” ceritanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *