Jual Mobil Bekas Tanpa STNK? Awas HargaMobil Terjun Jauh!

Ototis.com – Bagi seorang pemilik kendaraan, STNK menjadi salah satu surat yang sangat penting. Benda ini juga menjadi benda yang dipertanyakan keberadaanya ketika ada operasi atau razia lalu lintas di jalanan.

Tidak memiliki STNK, menimbulkan banyak kerugian bagi pemilik kendaraan. Salah satunya adalah harga jual bekasnya dapat terjun jauh. Sebagai contoh adalah penjualan mobil bekas yang tidak dilengkapi dengan STNK. Maka harga dari mobil tersebut harus dikurangi setidaknya sebesar biaya pembuatan STNK.

“Tergantung masing-masing mobil pajaknya berapa. Yang jelas kita cek dulu ke samsat pajaknya mati atau nggak,” ujar Halomoan Fischer, selaku Chief Operation Officer Mobil88.

“Kadang kan pajak nggak mati cuma STNK hilang, paling cuma biaya bikin STNK itu kan,” tambah Fischer.

Tetapi, menurut pengamatannya, ia jarang menemui orang yang menjual mobil dengan tanpa dilengkapi STNK. Kebanyakan mereka menjual mobil dengan surat-surat yang lengkap. Hal ini juga salah satunya dikarenaan hanya beberapa dealer yang mau menerima mobil bekas tanpa STNK.

“Karena ya nggak mau repot, kalau kita kan ada man power, sumber daya manusia kita lengkap ada tenaganya untuk bisa ngurusin surat-surat. Kalau diler-diler itu kan nggak mau repot, paling urus sendiri (penjual mobil) kalau sudah baru datang lagi,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *