Jangan Mudik Pakai Motor Jika Jarak Tempuhnya Jauh

 

Ototis.com – Saat ini, di Indonesia tengah memasuki momen mudik. Demi sampai ke kampung halamannya, banyak cara yang mereka lakukan, baik menggunakan kendaraan umum, maupun kendaraan pribadi.

Terkait dengan hal ini, bagi mereka yang memiliki kendaraan pribadi, banyak yang memilih untuk mudik dengan kendaraan pribadi, baik menggunakan sepeda motor maupun mobil pribadinya. Mengenai hal ini, Brigjen Halim Pagarra, selaku Direktur Registrasi Identifikasi Korlantas Polri, menyatakan bahwa pada dasarnya pihaknya tak menyarankan jika seseorang mudik dengan kendaraan sepeda motor, apa lagi jika memang jarak tempuhnya jauh.

“Menuju ke Jawa (jarak tempuh yang terlalu jauh pakai motor). Sepeda motor tidak di rekomendasikan untuk angkutan umum, apa lagi mudik bareng. Kami melihat data dari kepolisian kecelakaan maupun pelanggaran didominasi dari sepeda motor,” ujarnya di Jakarta, Minggu 10 Juni 2018.

Jika memang terpaksa menggunakan sepeda motor, maka yang perlu diperhatikan adalah upayakan jangan membawa terlalu banyak barang, serta yang paling penting, seharusnya sepeda motor hanya dinaiki oleh maksimal dua orang.

“Tidak lebih dari dua orang penumpang, tidak membawa barang-barang dan angkutan yang lebih kapasitasnya sangat mengganggu konsentrasi dari pada pengendara,” tuturnya mantan Dirlantas Polda Metro Jaya itu.

Karena itu, beliau mengapresiasi adanya program mudik bareng yang diadakan secara gratis oleh pihak Pemerintah maupun perusahaan-perusahaan swasta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *