Jangan Abaikan Performa Setang Motor!

Ototis.com – Perlu diketahui, bahwa stang kendaraan bermotor menjadi salah satu bagian yang menunjang keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Gangguan yang terjadi pada stang, seperti contohnya stang yang terasa berat ketika di tarik ke arah tertentu, pastinya akan membuat kenyamanan dan keamanan dalam berkendara jadi terganggu.

Rangga Noviar, selaku Technic Analyst Service Astra Motor Jakarta Dewi Sartika menyampaikan bahwa bagian yang membuat stang motor menjadi ringan dan halus ketika digerakkan adalah steel ball. Nah, jika perfporma bagian tersebut terganggu, mungkin karena tergerus oleh waktu, mau tidak mau kita harus melakukan pergantian pada bagian tersebut.

“Atau bahkan, karena seringnya melintasi jalanan tidak rata atau berlubang, bisa menyebabkan steel ball dan dudukannya aus. Dengan kondisi seperti itu, perlu dilakukan penggantian,” kata Rangga.

Bagian tersebut harusnya menjadi bagian yang tak boleh luput dari pengecekan saat dilakukannya servis rutin, terutama pada bengkel-bengkel resmi.

“Nanti, mekanik akan menginformasikan apakah masih oke atau perlu dilakukan pemeriksaan,” ujarnya.

Lalu, adakah cara mendeteksi adanya kerusakan pada bagian tersebut secara sederhana?

Salah satcara untuk mengecek apakah bagian tersebut mengalami kerusakan atau tidak adalah dengan menggerak-gerakan stang pada saat kendaraan di standar tengah. Hal ini sesuai dengan yang di anjurkan oleh Ramdani, yang merupakan salah satu mekanik bengkel Cilangkap Mas Motor.

“Caranya, standar duanya dipasang. Terus, setangnya diputar-putar. Kelihatan tuh rusaknya,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *