Jalan Beton Buat Ban Cepat Gundul?

Ototis.com – Di Indonesia, material pembentuk jalan raya terdiri dari dua jenis, yakni ada yang menggunakan aspal, dan ada juga yang menggunakan beton. Terkait dengan hal ini, ternyata bahan material pembentuk jalan memberikan pengaruh tersendiri terhadap ban kendaraan sepeda motor kita.

Faktanya, jalanan yang berasal dari beton akan membuat ban kendaraan sepedamotor kita lebih cepat gundul dibandingkan dengan jalanan yang beraspal.

“Kalau di medan jalan beton, ban sebuah kendaraan akan lebih cepat habis,” kata Ramdani, selaku mekanik Planet Ban Cibinong, Bogor, di Planet Ban Cibinong, Bogor.

Hal ini dapat terjadi, karena permukaan jalanan dengan beton memiliki tekstur yang lebih kasar. Dengan begitu tentunya akan membuat  gaya gesek yang timbul makin besar dan tentunya akan membuat ban akan cepat tipis.

“Seperti kita marut kelapa. Nah ini marut ban,” lanjutnya.

Hal ini tak terjadi ketika kita lebih sering melintasi lintasan jalan yang dibuat dari aspal. pasalnya jalan dari Aspal di diklaim dapa menjaga ban supaya lebih awet dan  tidak cepat aus.

Namun, terkait dengan hal ini tentunya pemilihan jalan bukan menjadi faktor utama yang membuat ban kendaraan anda cepat halus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *