Inilah Yang Harus Dilakukan Untuk Merawat Helm Anda

Ototis.com – Helm merupakan salah satu syarat safety riding dalam berkendara sepeda motor. Karena itu, helm merupakan alat yang rutin digunakan sehari-hari. Sebagai benda yang sering dipakai, tentunya helm perlu untuk kita rawat.

Lalu bagaimanakah cara untuk merawat helm?

“Cuci helm dan visor menggunakan air dan sabun cair, lalu lap dengan Kanebo atau sejenisnya,” ujar Pemilik Juragan Helm, Agus Hermawan kepada detikOto.

Pada bagian dalamnya, disarankan untuk dilakukan perendaman menggunakan air sabun ataupun detergent cair.

“Busa helm dicuci dengan deterjen cair. Cukup rendam 15-30 menit, kucek-kucek atau gosok dengan sikat gigi halus. Peras perlahan dan jemur,” kata Agus.

Untuk masalah pengeringannya, jika pencucian dilakukan pada musim hujan dapat memanfaatkan kipas angin ataupun bagian belakang ac. Lalu, untuk bagian bodi, perawatannya dapat disesuaikan dengan warna yang membalut bodi helem tersebut.

“Body helm yang glossy boleh dipoles dengan wax atau bahan dasar lilin. Tidak boleh yang abbrasive atau cairan kimia lainnya. Body helm yang (warna) doff, matte, atau rubbertone tidak boleh dipoles,” tambah Agus.

Agus menyarankan,  supaya menghindarkan helm dari suhu yang teramat panas. Suhu yang teramat panas dapat membuat helm kita akan mudah rusak.

“Semisal mengeringkan dengan heater atau heat-blower. Parts ataupun mekanikal helm yang terbuat dari plastik akan mudah rusak, atau getas,” katanya.

Sebagai tambahan, Agus juga melarang untuk menggunakan helm yang sudah pernah terjatuh saat terjadi kecelakaan. Larangan itu di berikan karena helm yang sudah pernah terjatuh ditakutkan tak mampu melindungi dengan maksimal saat terjatuh kembali.

“Karena secara struktur batok atau shell helm, dan lapisan EPS (Expanded Poly Styrene), sudah deformasi. Jadi tidak akan maksimal kalau dipakai lagi,” pungkas Agus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *