Inilah Waktu Yang Diperlukan Untuk Servis Mobil Eropa

Ototis.com – Mungkin bengkel di Indonesia memang saat ini masih di dominasi pada bengkel yang khusus untuk menangani mobil Jepang, Sedangkan bengkel yang diperuntukkan untuk menangani mobil Eropa masih terbilang jarang. Tak hanya bengkel yang jumlahnya tak terlalu banyak, keberadaan suku cadang untuk mobil keluaran Eropa di Indonesia hingga saat ini juga dapat dikatakan sangat terbatas.

Lalu, terlepas dari semua itu, sebenarnya berapa lama waktu yang diperlukan untuk dapat menservis mobil dari pabrikan Eropa?

“Tergantung pada kerusakan dan ketersediaan spare part. Kalau sudah terpenuhi (tidak terlalu parah dan spare part sudah sedia-Red), bisa 3 sampai 7 hari aja kok,” papar Winarta selaku Kepala Operasional Hugo Car Audio Specialist yang biasa menangani segala mobil produksi Eropa.

Namun, jika komponen sukucadang tidak tersedia dan mengharuskan untuk mengimpor dari negara lain, maka servis tersebut baru akan selesai dalam waktu satu bulan.

“Seperti salah satu Mercedes-Benz yang kita tangani sekarang, itu sudah satu bulanan karena kerusakannya cukup parah sampai tidak bisa jalan, dan juga beberapa partnya harus kita impor,” ujar Winarta.

“Idealnya bila kerusakan terjadi pada elektrikal dan interior, itu hanya makan waktu 3 hari hingga 3 bulan dihitung dari ketersediaan spare part dan jangka waktu impornya ya,” tambahnya.

Namun, perlu waktu sampaai lima bulan jika perlakuan tersebut berkaitan dengan masalah mesin, seperti yang disampaikan oleh Roynald yang mana merupakan montir di salah satu bengkel yang berada dikawasan Kalimalang.

“Kalau mobilnya baru seperti Mercedes-Benz seri AMG atau sangat jarang sekali seperti Maserati, itu bisa sampai 5 bulan lebih karena banyak komponen yang harus kita cari dan impor,” katanya.

“Tapi kalau tidak terlalu banyak masalah, satu-dua minggu bisa lah,” tutup Roynald.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *