Inilah Tanda Cakram pada Motor Harus Diganti

Ototis.com – Rem adalah alat pemberhenti laju kendaraan. Jenis remĀ  pada sepeda motor, ada yang cakram dan tromol. Kali ini yang akan dibahas adalah cakram.

Banyak pertanyaan tentang bagaimanakah tanda kalau cakram sudah tidak layak untuk digunakan lagi?. Untuk menjawab hal itu kita dapat memperhatikan dari bagian samping untuk melihat bidang ratanya.

“Cakram yang sudah tipis. Sebenarnya bisa dilihat kalau sudah seperti ada bibirnya, legok ke dalam,” ujar Irawan, mekanik senior di Suzuki yang juga pemilik bengkel Rasa Senang, spesialis Suzuki serta merek motor lainnya di Jalan Panjang, Jakarta Barat.

Kalau sudah berbentuk legokan seperti bibir, maka dapat bermasalah pada penyetelannya. Pasalnya bagian yang akan di tekan kampas rem sudah tidak rata lagi.

“Yang jadi soal penyetelannya jadi enggak sama, apalagi setelah ganti kampas rem baru. Jadi tidak begitu pakem,” kata Irawan.

Namun, masih banyak orang yang mengabaikan hal itu. Kebanyakan orang tidak memperdulikan itu karena masalah dana. Padahal jika di biarkan akan berbahaya.

“Masalahnya orang Indonesia kan gitu, sudah dibilang ganti cakram, harga Rp 200.000-an, malas. Mending ganti kampas rem saja. Padahal kan itu untuk keselamatan, kalau rokok sebungkus sehari saja mau beli,” ujarnya terkekeh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *