Inilah Tanda Cakram pada Motor Harus Diganti

Ototis.com – Rem adalah alat pemberhenti laju kendaraan. Jenis remĀ  pada sepeda motor, ada yang cakram dan tromol. Kali ini yang akan dibahas adalah cakram.

Banyak pertanyaan tentang bagaimanakah tanda kalau cakram sudah tidak layak untuk digunakan lagi?. Untuk menjawab hal itu kita dapat memperhatikan dari bagian samping untuk melihat bidang ratanya.

“Cakram yang sudah tipis. Sebenarnya bisa dilihat kalau sudah seperti ada bibirnya, legok ke dalam,” ujar Irawan, mekanik senior di Suzuki yang juga pemilik bengkel Rasa Senang, spesialis Suzuki serta merek motor lainnya di Jalan Panjang, Jakarta Barat.

Kalau sudah berbentuk legokan seperti bibir, maka dapat bermasalah pada penyetelannya. Pasalnya bagian yang akan di tekan kampas rem sudah tidak rata lagi.

“Yang jadi soal penyetelannya jadi enggak sama, apalagi setelah ganti kampas rem baru. Jadi tidak begitu pakem,” kata Irawan.

Namun, masih banyak orang yang mengabaikan hal itu. Kebanyakan orang tidak memperdulikan itu karena masalah dana. Padahal jika di biarkan akan berbahaya.

“Masalahnya orang Indonesia kan gitu, sudah dibilang ganti cakram, harga Rp 200.000-an, malas. Mending ganti kampas rem saja. Padahal kan itu untuk keselamatan, kalau rokok sebungkus sehari saja mau beli,” ujarnya terkekeh.

12 comments

  1. 7 Komponen Sepeda Motor yang Wajib Diganti Secara Berkala. Aug 19 2021 Pada sepeda motor ada beberapa komponen yang harus diganti secara berkala untuk menjaga performa motor tetap dalam kondisi prima.

  2. Kapan Piringan Rem Cakram Motor Harus Diganti GridOtocom. Apr 04 2018 Sebagai informasi pendahulu ratarata piringan cakram motor punya standar ketebalan antara 253 mm untuk motor bebekmatik dan 354 mm untuk motor sport Jika ketebalannya sudah berkurang hingga 05 mm maka disc brake wajib diganti Maka itu harus sering dilakukan cek fisik dengan mengukur ulang diameter luar dan ketebalan piringan.

  3. 10 Tanda Tromol Ori Honda Beat Honda Beat. Nov 09 2021 GridOtocom Kapan sebaiknya kampas rem belakang tipe tromol pada motor matic diganti Berbeda dengan motor transmisi manual bisa dibantu engine brake untuk mengurangi laju motor motor matic hanya bergantung pada sistem pengereman Makanya kondisi sistem pengereman di motor matic harus selalu diperhatikan agar tetap aman saat di perjalanan.

  4. Segera Ganti Piringan Rem Cakram Jika Muncul TandaTanda . Mar 17 2018 Segera Ganti Piringan Rem Cakram Jika Muncul TandaTanda Ini Penggantian piringan pada rem cakram cukup memakan biaya Pasalnya part ini tak semurah onderdil kecil lainnya seperti lampu kampas dan kabel gas Jangka waktu penggantian piringan cakram .

  5. TandaTanda Oli Motor Harus Segera Diganti. Mar 05 2020 TandaTanda Oli Motor Harus Diganti Meskipun belum mencapai waktu penggantian tapi jika oli sudah memiliki tandatanda ini maka sudah dipastikan harus diganti Warna Hitam Pekat dan Tekstur Encer Umumnya oli yang masih baru berwarna kuning atau biru Nah warna hitam pada oli disebabkan karena zat panas atau zat emisi atau kerak sisa pembakaran.

  6. Ketahui Ciri Piringan Cakram Motor Harus Diganti. Mar 19 2021 Ketahui Ciri Piringan Cakram Motor Harus Diganti SOLO KOMPAScom Kampas rem dapat aus dan habis seiring pemakaian Maka dari itu komponen ini wajib diganti secara berkala agar proses pengereman dapat dilakukan dengan optimal Namun bagaimana dengan piringan cakram.

  7. Ciriciri Kampas Rem Motor Aus Dan Waktunya Diganti . Pada kampas rem cakram ketika tuas rem ditekan maka kedua lempeng kampas rem cakram yang digerakkan oleh piston akan menekan bahkan menjepit piringan cakram sehingga roda motor terhenti seketika Meskipun bentuknya lebih kecil namun mekanisme rem cakram lebih kompleks sehingga lebih pakem dari pada rem teromol.

  8. Inilah Tanda Cakram pada Motor Harus Diganti ototiscom. Mar 13 2017 Inilah Tanda Cakram pada Motor Harus Diganti Jenis rem pada sepeda motor ada yang cakram dan tromol Kali ini yang akan dibahas adalah cakram Banyak pertanyaan tentang bagaimanakah tanda kalau cakram sudah tidak layak untuk digunakan lagi Untuk menjawab hal itu kita dapat memperhatikan dari bagian samping untuk melihat bidang ratanya.

  9. Kapan Waktunya Harus Mengganti Kampas Rem inilahcom. Feb 13 2021 Kampas rem yang tidak segera diganti juga memicu kerusakan pada bagian komponen lainnya di kendaraan seperti suspensi piringan cakram power steering hingga ban Berikut ada sejumlah hal yang menandakan kampas rem sudah waktunya diganti 1 Mengeluarkan bunyi Ini merupakan tanda paling umum kampas rem sudah harus diganti.

  10. Jangan Lengah Ini Dua Tanda Piringan Cakram Motor Harus . Mar 10 2021 Jangan Lengah Ini Dua Tanda Piringan Cakram Motor Harus Segera Diganti GridOtocom Masih banyak bikers yang tidak mengetahui kapan harus mengganti cakram rem motor Piringan atau cakram rem motor memang termasuk komponen slow moving atau masa pemakaiannya cukup lama.

  11. Bunyi Ini Jadi Tanda Kampas Rem Cakram Motor Harus Diganti. May 06 2017 Anda hanya harus mengganti komponen yang sudah aus Cara mendeteksinya adalah jika terdengar bunyi sreksrek berarti kampas rem cakram harus diganti Bunyi tersebut ada karena gesekan antara logam rem dengan logam piringan cakram Jadi ketika mendengar bunyi tersebut Anda sebaiknya langsung mengganti kampas rem cakram motor Anda.

  12. Kenali 10 Tanda Ban Motor Harus Diganti Moladin. Nov 03 2021 Kenali 10 Tanda Ban Motor Harus Diganti Ban motor harus diganti bila sudah terpenuhi beberapa hal Mulai dari umur ban tingkat keausan sampai dengan rasa berkendara yang tidak nyaman Penggantian ban lama dengan baru kadang tidak bisa ditawar lagi Apalagi ban merupakan komponen yang tidak bisa dipisahkan dari kendaraan bermotor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *