Inilah Cara Toyota Untuk Pertahankan Konsumennya

Ototis.com – Saat ini, perkembangan indusri otomotif di Indonesia memang semakin kompetitif. Banyak pabrikan baru hingga produk baru dengan segala kelebihan yang mereka tawarkan.  Namun, sebagai pabrikan otomotif yang besar, tentunya Toyota memiliki kiat khusus untuk bisa tetap bertahan dalam ketatnya persaingan dalam industri otomotif. Terkait hal tersebut, Fransiscus Soerjopranoto selaku Executive General Manager PT Toyota Astra Motors (TAM) memberikan komentarnya.

“Strategi untuk menjaga konsumen, pertama pastinya kalau kita bicara soal pilihan produk, kita akan memberikan pilihan yang cocok untuk konsumen. Misalnya kalau harga kendaraan di atas Rp 200 juta, jika konsumen tidak mendapatkan passion yang diinginkan atau sesuatu yang baru itu akan kurang (konsumen akan kecewa),” ujar Soerjo.

Menurutnya, mereka juga akan terus meningkatkan pelayanan dan kenyamanan kepada para konsumen. Untuk mewujudkan semua itu, mereka akan terus memberikan pelayanan service sekomplit mungkin kepada para konsumennya.

“Konsumen akan kita jaga makanya ada Beyond Services, itu dimaksudkan memberikan pelayanan yang lebih baik lagi. Baik servis, ganti mobil, perbaikan body repair, atau memberikan pelayanan 24 jam. Di situ yang akan kita perkuat,” katanya.

Mengenai perang harga dan pemberian diskon yang terlalu berlebihan dinilainya bukan merupakan strategi yang tepat untuk tetap meminat hati para konsumen untuk tetap menggunakan produk mereka. “Jadi bukan perang harga. Mungkin perang harga akan menguntungkan konsumen. Tapi nanti bisnis tidak hidup. Kalau semua buang harga, bisnis tidak hidup,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *