Inilah Cara Simple Cek Kelayakan Koil

Ototis.com – Dalam sektor pengapian, koil adalah salah satu bagian yang terpenting. Jika bagian ini sudah usang, maka kinerja mesin ini akan ngadat, bahkan bisa jadi mesin susah dihidupkan.

Koil sendiri sebenarnya bagian yang terbilang awet. Namun, seiring berjalannya waktu, semakin sering dipakai pastinya terjadi penurunan terhadap peforma dari koil itu sendiri. Untuk mengetahui sebuah koil sudah mulai usang, coba lakukan hal ini.

Langkahnya, silakan lepas bagian ujung kabel besar koil yang terhubung ke tutup busi. Setelah itu, anda bisa mendekatkannya ke massa atau ground dengan jarak 1 sampai 2 cm. Jika terjadi loncatan api yang besar dengan percik berwarna biru, menandakan koil masih bagus.

Namun, jika yang keluar adalah percikan api kecil ataupun tak keluar api sama sekali berarti koil mungkin bermasalah. Tetapi, tak keluarnya percik api bisa jadi dikarenakan  kerusakan pada bagian lainnya.

Itulah sekelumit cara yang sangat sederhana untuk mengetahui apakah koil pada kendaraan anda masih layak pakai atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *