Inilah Biaya Perbaikan Mobil Matic Yang Rusak Karena Telat Mengganti Oli

Ototis.com – Seperti yang kita ketahui, bahwa pergantian pelumas pada kendaraan menjadi salah satu yang penting pada sebuah kendaraan bermotor. Bagaimana tidak, telat dalam melakukan pergantian pelumas membuat kendaraan akan mengalami kerusakan, terlebih jika kendaraan tersebut menggunakan transmisi matik.

Seperti yang disampaikan oleh Chinto Adiputera, Supervisor Business area Sales Department Astra Otoparts, menyampaikan bahwa terkait dengan waktu pergantian, menurutnya setiap pabrikan memiliki peraturan tersendiri.

“Biasanya kalau pabrikan itu standarnya menganjurkan 40.000 sampai 60.000 kilometer sekali, tapi catatannya itu untuk kondisi jalan dan pemakaian yang ideal (tidak macet ataupun jalan tanpa hambatan),” katanya, di Jakarta, Selasa 20 Maret 2018.

Karena itu, pria tersebut menganjurkan bahwa sebaiknya perganytian oli dilakukan lebih cepat dari batas waktu yang ditetapkan oleh pihak pabrikan. Terlebih, jika kendaraan tersebut kerap kali melintasi jalanan yang penuh dengan kemacetan.

“Kalau di Jakarta atau kota-kota besar lainnya kan sudah beda keadaannya, jalanan macet dan lain sebagainya. Ada baiknya pemilik kendaraan mengganti oli transmisi tiap 20.000 (km) sekali,” ujarnya.

Pria tersebut juga menyampaikan, bahwa biaya yang dikeluarkan karena kerusakan yang terjadi karena telat mengganti oli, khususnya pada mobil matic, dapat mencapai puluhan juta.

“Daripada nunggu rusak, mendingan dirawat secara rutin kan? Karena transmisi problem itu biaya gantinya relatif mahal. Untuk harganya itu macam-macam untuk transmisi satu boks-nya itu mulai dari Rp3 juta sampai ada yang belasan juta, terakhir kami handle itu bahkan ada yang sampai Rp20 jutaan,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *