Ini Yang Harus Diperhatikan Ketika Mengerem Kendaraan Yang Pakai Sistem ABS

Ototis.com – Sekarang, sistem rem yang terbaru telah dibekali dengan anti-lock braking system (ABS). Fungsinya adalah supaya ban tidak terkunci secara otomatis saat di rem. Namun ternyata sistem tersebut juga tidak sempurna, tetap ada kekurangannya. Hal tersebut seperti yang telah dikatakan oleh Aiptu Bambang Margono, Pelatih Safety Riding & Safety Driving Ditlantas Polda Metro Jaya,

“Karena kalau di ABS itu, speed seberapa, dia harus bisa membaca jarak kendaraan di depannya, tidak bisa seperti rem manual,” ujarnya kepada wartawan, di Kawasan Parkir Timur Senayan, Jakarta.

Saat melakukan pengereman keras, pada saat itu ABS bekerja. Hal itu membuat ban sudah berhenti namun kendaraan masih melaju. Tentunya itu mewajibkan pengendara menjaga atau membaca jarak kendaraan dengan yang  ada di depannya.

“Contoh, sistem pengereman ABS itu tidak digunakan untuk superbike, makanya dia (superbike) manual, saat dia butuh rem belakang, pakai rem belakang, depan pake rem depan, tapi yang ABS ini mereka motor ditarik (digas) kenceng, jaraknya terlalu mepet dengan kendaraan apalagi di depannya roda empat. Kalau rem mendadak (sistem) ABS (kendaraan) bisa jalan terus,” tutur Bambang.

Menurutnya, kendaraan yang dibekali dengan sistem ini harus memiliki jarak aman sejauh 25 meter jika memasang kecepatan 60km/jam.

“Berarti jarak kita dengan kendaraan di depannya harus 25 meter, karena saat ditekan (rem ABS), dia akan berhenti dengan kisaran jarak 17 meter, dia tidak mau berhenti sesuai yang kita inginkan,” ujarnya.

Hal tersebut dikarenakan menurutnya meski telah direm, kendaraan yang dibekali oleh sistem ini akan dapat terus melaju.

“Dia tidak mau berhenti sesuai yang kita inginkan, dan kalau dia punya jarak 15 meter (dari kisaran jarak 17 meter), berarti ada sisa dua meter, nah jarak yang dua meter itu yang bikin dia celaka,” katanya.

Itulah kekurangan yang dimiiki oleh sistem ABS tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *