Ini Harapan GAMPAR Kepada Pemerintah Sebelum Pembatasan Sepeda Motor Diberlakukan

Ototis.com – Seperti yang kita ketahui, bahwa pemerintah daerah DKI Jakarta akhirnya memutuskan untuk menunda pembatasan sepeda motor yang sebelumnya akan segera diberlakukan. Atas penundaan tersebut, akhirnya para pengendara sepeda motor yang tergabung dalamĀ  Gerakan Aliansi Menentang Pembatasan Motor (GAMPAR) senang atas keputusan yang diambi oleh pemerintah tersebut.

Disampaikan oleh inisiator Gampar, yakni Rio Octaviano yang mana menurutnya sebelum menerapkan program tersebut, sebaiknya pemerintah terlebih dahulu menyiapkan terlebih dahulu alternatif pengganti untuk pengendara sepedamotor yang mendukung kebijakan tersebut.

“Kalau mau diaktifkan keputusan tersebut, berilah kami para pengguna motor pilihan alternatifnya biar sama-sama enak. Jangan melakukan diskriminasi seperti ini lagi,” kata Rio kepada wartawan di Kantor LBH Jakarta Pusat kemarin

Salah satu hal yang dapat dilakukan pemerintah dalam hal ini menurutnya adalah dengan menyediakan transportasi umum yang memadai, dan tidak menyulitkan para penumpangnya.

“Transportasi umum itu adalah jaringan keseluruhan transportasi yang ada di Jakarta seperti mikrolet, angkot, Kopaja, dan banyak lagi, tidak hanya TransJakarta saja. Memang dibenahi tapi hanya menyentuh TransJakarta aja. Kalau ini masih rusak, jangan lah lakukan diskriminasi kepada motor,” ungkap Rio.

“Kalau saya nilai ini merupakan faktor kegagalan Pemprov dengan berbagai pihak di transportasi publik, tetapi malah kami yang dikambing hitamkan,” tambahnya.

Pria tersebut juga menilai Pemerintah Provinsi Jakarta tidak memiliki blue print karena terlalu menganak emaskan TransJakarta meskipun kendaraan umum di Jakarta sebenarnya tidak hanya tidak hanya itu.

“Kami rasa Pemprov tidak memiliki blue print terkait transportasi publik, jadinya seperti ini,” ungkap Rio.

“Bila buat kebijakan seperti ini lagi, saya harap pemerintah mempertimbangkan kembali nilai ekonomis para pencari nafkah disana karena memang subsitusinya masih belum ada, belum memadai,” ujar salah satu pengendara yang tergabung dalam GAMPAR, Hendra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *