Ini Cara Ganti Ban Mobil Jika Uang pas-pasan

Ototis.com – Mendekati Lebaran, biasanya anda yang kini sedang berada di perantauan akan menjalani mudik atau pulang kampung. Salah satu yang paling penting saat akan mudik adalah memperhatikan kondisi kendaraan. Salah satunya yang penting untuk diperhatikan pada kendaraan yang akan dibawa mudik adalah kondisi ban. Melakukan pergantian pada ban mobil, jika dilakukan pada keempatnya bagiannya pasti akan memakan biaya yang cukup besar. Untuk itu jika uang anda pas-pasan, sebaiknya melakukan pergantian hanya pada ban yang sudah usang namun dengan menggunakan strategi pemasangan yang tepat.

“Misalnya cuma beli dua pasang, maka ban baru itu pasang di belakang. Karena kembangan ban yang masih tebal, bisa buang air bisa lebih cepat kala berkendara dengan cuaca hujan. Kalau ban baru dipasang di depan, mau mobil penggerak roda depan atau roda belakang. Jadi kalau ban di depannya bisa buang air dengan cepat, tapi ban belakangnya tidak bisa menyeimbangkan bisa bahaya, karena biasanya suka timbul gejala over stir,” ungkap Arijanto Notorahardjo, Executive Vice President Marketing, Sales MC & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk.

Maksudnya, upayakan ban yang depan merupakan ban lama yang paling bagus diantara empat ban yang ada pada kendaraan anda. Sedangkan ban belakan merupakan ban yang masih baru. Sisanya? anda bisa gunakan sebagai cadangan.

“Isi angin ban cadangan 4-5 psi lebih banyak dari ukuran standar. Karena untuk persiapan, jika mengganti ban angin bannya tidak berkurang banyak. Tolong di cek tekanan angin ban cadangan sebulan sekali,” terang Arijanto.

Tetapi anda sebaiknya mengetahui apakah ban masih ada tapaknya atau tidak. Jika sudah tidak ada tapaknya sudah semestinya di ganti supaya tetap safety.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *