Ini Bagian Yang perlu Diperhatikan Dalam Merawat Rem Cakram

Ototis.com – Saat ini, penggunaan rem cakram memang lebih dipilih. Hal itu dikarenakan sebagai sistem pemberhenti kendaraan, rem ini jauh lebih pakem bila dibandingkan dengan yang lain. Namun, tentunya rem jenis ini perlu adanya perawatan. Beberapa hal perlu diperhatikan dalam perawatan rem cakram, antara lain:

1. Master rem

“Biasanya dari stut di master rem yang sudah kotor dan kering. Bisa karena memang sudah kering atau karena karet pelindungnya robek sehingga kotoran masuk,” ucap Fajar Jaya Sukmana dari bengkel FJR.

“Supaya tekanan rem enak lagi stuk di master rem harus dibersihkan dan dilumasi kembali dengan gemuk,” ujar Begenk sapaannya.

2. Kaliper

Kebersihan pada bagian ni juga perlu dijaga. Anda bisa mengawali membersihkan bagian ini dengan membersihkan piston kalipernya.

3. Kampas Rem

Bagian ini sangat penting. kampas rem yang telah tipis sudah dapat dipastikan pengereman tak menjadi pakem.

4. Minyak Rem

Pergantian pada minyak rem biasanya dilakukan setiap ddua tahun sekali.

“Minyak rem yang sudah terlalu lama akan menjadi lumpur, akhirnya menghambat jalur menuju selang rem dan kaliper. Ini yang terkadang membuat rem jadi keras,” sebut Eddy Yulianto Kepala Mekanik Kawasaki Super Sukses Motor – Fatmawati.

Untuk menguras minyak rem, anda dapat menggunakan breaker bleeder. Berbentuk seperti suntika, alat ini sangat memudahkan ketika akan menguras minyak rem.

“Selain melelahkan juga prosesnya lama kalau dipompa secara manual,” lanjut Edoy sapannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *