Ini Alasan Dibedakannya Ban Mobil Sport dan Biasa

Ototis.com – Tahukah anda bahwa sebenarnya, ban mobil yang digunakan pada mobil sport memiliki perbedaan dengan ban yang digunakan untuk mobil biasa? yups memang kedua kendaraan tersebut memiliki ban yang dikhususkan untuk masing-masing. Untuk itu, pabrik ban selain membuat ban untuk kendaraan biasa, juga mereka membuat ban yang digunakan untuk mobil balap. hal ini dialami oleh pabrikan ban Michelin.

Refil Hidayat, selaku PDP Business Manager Michelin Indonesia mengatakan bahwa setiap ban akan selalu menyesuaikan spesifikasi mobil. Tak perduli itu mobil murah, jika mesinnya dirombak menjadi tenaga bertambah, ban yang harus disematkan kepada kendaraan tersebut juga harus disesuaikan.

“Kalau bannya disamakan dengan ban biasa, dan tenaganya lebih besar, mungkin dia akan spinning,” kata Refil saat ditemui di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jumat (28/7/2017).

Untuk itu, pada kendaraaan balap, perlu disematkan grip yang lebih baik. Tidak hanya itu, namun nampaknya performa dari sistem pengereman pada jalan basah dan kering juga harus diperhatikan.

“Semuanya harus kita improve karena kita tahu bahwa mobilnya pasti membutuhkan hal itu. Yang membedakan ban sport dan ban biasa itu pasti sebenarnya adalah level responsif dan grip, itu pasti beda,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *