Ingin Bersaing Dalam pasar Ekspor, Indonesia Jangan Hanya Fokus MPV Dong!

Ototis.com – Di Indonesia, saat ini segmen mobil yang paling laris manis adalah mobil yang berada di kelas MPV. Tentunya dengan kenyataan ini, sangat tidak menguntungkan bagi kegiatan ekspor mobil Indonesia.

Hal tersebut dikarenakan, di dalam pasar internasional kendaraan yang paling banyak penggemarnya adalah mobil sedan. Dan di Indonesia sendiri pasar mobil sedan dapat dibilang layu. Disampaikan oleh Jongkie D. Sugiarto, selaku Ketua I Gaikindo, bahwa menurutnya jika Indonesia selalu mengandalkan segmen MPV, kita tidak akan dapat bersaing dalam pasar ekspor.

“Tujuan akhirnya kita mau ekspor banyak. Mau ekspor banyak ya produksi dong, bagaimana memproduksi? Ya volumenya tinggi, bagaimana volume tinggi? Ya kalau mobilnya dibeli orang, bagaimana dibeli orang? Kalau harganya terjangkau, kan kuncinya di situ,” ujarnya kepada wartawan, di Jakarta.

Peerintah memang saat ini sedang berupaya membangkitkan pasar sedan di Indonesia dengan cara menurunkan besaran pajak yang dibebankan pada kendaraan tersebut. Namun, jika hanya itu, dinilai Jongkie tidak akan cukup.

“Mesti kita lihat ujung paling kanannya apa, ekspor. Jadi kita mau menambah tadi Indonesia ini sebagai basis produksi, tidak hanya MPV, tapi tambah sedan, SUV, pick-up, supaya apa? Ujungnya tadi kita bisa ekspor,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *