Ingat, Ban Jangan Terlalu Sering Di Tambal!

Ototis.com – berbagai ranjau yang terdapat di jalanan dapat merusak bagian ban kendaraan anda. Terlebih, jika ranjau tersebut berwujud tajam, maka ban yang menginjaknya akan sobek dan menebabkan kebocoran.

Jika sudah robek ataupun bocor, menambal merupakan salah satu alternatif pilihan bagi pemilik kendaraan. Namun, terkait dengan hal ini, Deni Arief Pribadi, selaku Training & Product Evaluation Dept. Manger PT Bridgestone Tire Indonesia menyampaikan bahwa sebaiknya kita tidak terlalu sering menambal ban, baik yang radial aupun tubeless

“Untuk batas tambal ban radial atau tubeless, itu empat kali. Kalau dilihat pada ban, itu ada empat kuardan, itu paling tidak di setiap kuardannya tambalan satu lubang,” kata Deni.

Pria tersebut juga menyampaikan bahwa dampak dari ban yang terlalu banyak i tambal adalah akan meembuat performa dari ban tersebut tidak maksimal. Dampak leebih buruknya adalah ban dapat pecah ketika kendaraan tengah dikendarai

“Pada saat ban terkena paku, di dalamnya itu ada chasing atau benang yang ada bisa putus. Kalau ban di tambal berkali-kali takutnya nanti expand dan membesar sehingga ban bisa menjadi pecah,” ujarnya.

Karena itu, rutin dalam melakukan pengecekan ban menjadi salah satu solusi terbaik. Pengecekan ini tentunya meliputi tekanan udara pada ban dan alur pada ban, apakah sudah tipis ataau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *