Hati-hati Jangan Tertipu Beli Mobil Bekas Berasuransi

Ototis.com – Pernahkah anda menjumpai orang yang menjual mobil secound, dan mobil tersebut masih dalam periode asuransi? Jika anda pernah menjumpainya, sebaiknya anda jangan sampai membeli kendaraan tersebut. Mengapa? karena asuransi akan otomatis hangus ketika kendaraan berganti pemilik.

“Itu namanya pembatalan polis. Asuransi langsung batal saat itu juga, ketika mobil berubah kepemilikan,” terang L. Iwan Pranoto, Head of Communication and Event Asuransi Astra, kepada sejumlah wartawan di Sumbawa, Selasa (1/8/2017).

Seperti yang di sampaikan pria tersebut, bahwa klaim atas asuransi hanya bisa dilakukan oleh nama yang tertera dalam perjanjian diawal. Sebenarnya hal tersebut sesuai dengan isi dari perjanjian yang telah disepakati oleh kedua pihak.

“Ini berlalu untuk oper kredit juga untuk mobil yang sudah lunas atau cash,” sambung Iwan.

Biasanya penjual menyertakan asuransi sebagai kelebihan atau kelengkapan dari mobil bekas yang ia jual karena memang ia juga belum mengerti sepenuhnya mengenai perjanjian asuransi. Atau, mungkin saja mereka juga sengaja supaya kendaraan yang ia jual.

Sebenarnya, alangkah baaiknya jika ssi penjual terlebih dahulu mengurus segala sesuatu terkait asuransi. Selanjutnya pihak asuransi akan memberikan hitung-hitungan tertentu yang memungkinkan pemilik mobil mendapat sisa premi.

“Kalau lapor, uang bisa kembali ke konsumen. Misalnya jika asuransikan mobil 12 bulan, dan bulan ketujuh dijual, sisa bulan nanti dihitung dan uang kembali ke penjual,” tutup Iwan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *