Hati-hati, Ban Gundul Dekatkan Diri Dengan Kecelakaan

Ototis.com – Mempertahankan kondisi ban yang telah usang dan ‘gundul’ pada kendaraan anda dapat membahayakan keselamatan anda dan orang lain saat sedang dikendarai.

Tak heran, organisasi keselamatan TyreSafe menyampaikan peringatan itu. Mereka mendapat foto yang menggambarkan kondisi ban milik BMW Seri 3, yang telah usang, bahkan sudah tak tergambar pola dari alur bannya.

“Kondisi ban yang seperti ini sama saja menunggu terjadinya kecelakaan,” ungkap Stuart Jackson Ketua TyreSafe. “Selama ini banyak masyarakat yang kurang memperhatikan dan memeriksa ketebalan tapak ban terutama saat musim hujan. padahal pengecekan itu apabila dilakukan tidak akan memakan waktu lama. Ini sebenarnya kewajiban bagi para pengendara yang harus dilakukan sebulan sekali agar selamat saat berkendara dalam keadaan apapun.”

Di negara Inggris telah ada peraturan tentang ukuran minimal dari tapak ban. Dalam aturan tersebut tertulis 1.6mm. Para pelanggar dari aturan tersebut akan diberikan sangsi berupa denda hingga £ 2.500 (hampir 50 juta rupiah).

Cara pengecekan di Inggris dilakukan dengan memasukan koin 20 peni dalam alur utama pada ban. Tanda ban yang sudah harus diganti adalah terlihatnya bagian pita luar koin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *