Harga Mobil Bekas Terpengaruhi Dengan Adanya Diskon Pada Mobil Baru

Ototis.com – Diskon, atau potongan harga biasanya diberikan oleh dealer kendaraan, khususnya roda empat (mobil) untuk mendongkrak angka penjualan mereka. Pemberian diskon ini rata rata akan diberikan ketika memasuki penghujung tahun. Terkait dengaan hal ini, tahukah anda bahwa potongan harga ini juga akhirnya akan memperngaruhi harga jual kendaraan bekas?  Hal ini seperti yang disampaikan oleh Senior Manager sentra penjualan mobil bekas WTC Mangga Dua, Herijanto Kosasih.

“Ya kami saat beli mobil orang jadi enggak bisa tinggi harganya. Nah mau jual lagi juga enggak bisa mahal-mahal,” kata Herijanto , Selasa 12 Desember 2017.

Pernyataan ini turut didukung oleh pendapat dari pedagang mobil bekas dari showroom Fast Automobil di MGK, yang bernama Erry, yang mana menurutnya sudah pasti harga jual mobil bekas akan dipengaruri dengan adanya potongan harga, terebih yang besar-besaran dari kendaraan baru.

“Pas buying sendiri kami jadi harus pantau harga setiap hari. Pengaruhnya ke harga beli kami dari konsumen ya, engga bisa tinggi karena kami juga jualnya dengan harga di bawah,” kata Erry.

Salah satu pengaruhnya yang paling ketara menurutnya dalam hal DP atau uang muka. Dengan diskon besar-besaran, membuat DP dari mobil baru menjadi lebih murah dibandingkan dengan DP dari kendaraan bekas. Jika hal ini terjadi, sudah pasti para peminat mobil bekas beralih leebih memilih untuk membeli kendaraan mobil baru.

“Leasing untuk mobil second enggak bisa ikut perhitungan mobil baru, jadi otomatis total down payment enggak bisa kecil kayak banyak mobil baru. Kayak saya pengalaman, jual Avanza 2015, DP 18 juta waktu itu, sementara ada mobil baru yang lagi pameran ngasih DP cuma Rp15 juta setelah potongan diskon dan lain-lain,” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *