Hal Ini Harus Dipenuhi Sebelum Pemerintah Lakukan Pembatasan Sepeda Motor

Ototis.com – Berdasarkan informasi yang telah beredar di masyarakat, bahwa pemerintah provinsi DKI Jakarta akan melakukan pembatasanĀ  terhadap sepeda motor di jalanan tertentu di ibukota. Aturan ini didasari oleh Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 pasal 93 dan Perda Nomor 5 Tahun 2014 pasal 78 tentang pembatasan lalu lintas kendaraan bermotor pada kawasan tertentu dan atau waktu dan jalan tertentu.

Disampaikan oleh Badan Kehormatan Road Safety Association (RSA), Rio Octaviano, bahwa sebaiknya, sebelum pemerintah akan menerapkan aturan tersebut, mereka terlebih dahulu menyiapkan kendaraan umumĀ  yang memadai, yakni yang nyaman, aman, dan mendukung dari segi finansial. Jika semua itu telah tercukupi, baru pembatasan kendaraan sepedamotor tersebut bisa diterapkan.

“Sekarang sudah nyaman belum transportasi kita, sudah aman belum, akses bagaimana, dan financial juga,” ujar Rio.

Bukan hanya sampai disitu, pria yang juga merupakan pelopor Gerakan Aliansi Menentang Pembatasan Sepeda Motor (GAMPAR) itu juga menyampaikan bahwa bukan hanya kondisi dari kendaraan umum yang harus terlebih dahulu di perhatikan, namun pemerintah juga harus membuat halte yang juga memadai, dengan begitu orang dapat dengan nyaman dalam menanti kendaraan.

“Kalau berbicara perbandingan ongkos, misalkan masyarakat dari luar kota menuju Jakarta. Dari rumah jika bisa langsung ke halte tidak masalah, tapi jika harus naik angkutan umum, katakan Rp 15 ribu sekali jalan dan bolak-balik harus Rp 30 ribu,” ujarnya.

Selain itu, pria tersebut juga mempertanyakan bahwa jika akan di terapkan pembaatasan kendaraan, bagaimana nantinya nasib dari orang yang dalam berprofesi memerlukan kendaraan pribadi seperti kurir, sales, atau wartawan?

“Apakah pemerintah memikirkan hal tersebut. Ini belum ada kajian dan belum ada transparansi. Memang, boleh membatasi kendaraan, tapi transportasi publik sudah tercapai belum kenyamanan, keamanan, financial, dan aksesnya,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *