Hadirnya Xpander Berpeluang Rusak pasar Mobil Bekas?

Ototis.com РKendaraan anyar dari Mitsubishi yang berada di kelas Low MPV yakni Xpander, nampaknya cukup berhasil menarik perhatian masyarakat Indonesia. Pernyataan tersebut nampaknya memaang tidak berlebihan karena baru sebelas hari pasca  diluncurkan, Xpander telah dipesan lebih dari 5.200 unit, Wow.

endaraan tersebut diberi label harga mulai dari Rp 189.050.00 hingga Rp 245.350.000. Dengan harga tersebut, apakah Xpander mampu mematikan pasar mobil bekas di Indonesia?

Chief Marketing Officer OLX Indonesia, Edward Kilian Suwignjo, menyampaikan bahwa tidak mudah baginya untuk memperkirakan apakan dengan hadirnya kendaraan tersebut akan memberikan pengaruh tersendiri terhadap penjualan mobil bekas atau tidak. Hal ini disebabkan karena pabrikan tersebut sudah sangat lama tidak menghadirkan produk yang berada dalam kelas MPV.

“Terakhir keluar Mitsubishi Kuda, setelah itu berhenti cukup lama. Karena sudah lama kosong, jadi susah untuk diprediksi kehadiran mobil ini,” ujar Edward saat berbincang dengan Liputan6.com, di SCBD, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Namun, hal tersebut akan berbeda apabila pabrikan lain yang mengandalkan segmen tersebut seperti Toyota dan Daihatsu juga mengeluarkan varian MPV terbarunya, karena menurutnya, hal tersebut membuat prediksi itu semakin mudah untuk dilakukan.

“Selain itu, kapasitas produksi bagaimana, lalu kita juga belum studi kepada pemilik Toyota atau Daihatsu, rela tidak pindah ke Mitsubishi. Pengaruh merek penting, harga jual kembali juga, layanan servis. Kalau bukan Mitsubishi sepertinya lebih mudah,” ujarnya.

Disisi laain, produk dari Mitsubishi ini juga belum dilakukan proses produksi. Pihak produsen akan mulai membuat Xpander pada bulan September nanti.

“Jarang, konsumen jual mobil lama, tapi mobil baru belum kelihatan. Biasanya, mobil baru datang baru jual mobil lama,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *